Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh

- 31 Maret 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi - Puasa Ramadan memberi manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh.
Ilustrasi - Puasa Ramadan memberi manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh. /PMJ News/

PRIANGANTIMURNEWS - Puasa bagi umat islam merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan pada bulan Ramadhan. Namun ternyata melaksanakan puasa selain suatu kewajiban, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Healthline, Minggu 31 Maret 2024, berikut lima manfaat puasa bagi kesehatan yang didukung oleh sains:

1. Mengontrol Gula Darah
Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan pengendalian gula darah, yang mungkin bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Baca Juga: Selebgram Malang Aghnia Punjabi Beberkan Anaknya Alami Trauma Usai Dianaya Pengasuh

Sebuah studi tahun 2023 terhadap 209 orang menemukan puasa intermiten tiga hari seminggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, memungkinkannya mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

2. Melawan Peradangan
Penelitian menunjukkan bahwa peradangan mungkin jadi penyebab dalam perkembangan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis.

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan meningkatkan kesehatan. Puasa intermiten juga secara signifikan mengurangi kadar protein C-reaktif, yang merupakan penanda peradangan.

Baca Juga: Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan yang Didambakan Umat Muslim Untuk Bisa Meraihnya

Penelitian lain juga menemukan bahwa puasa dan latihan ketahanan dapat menurunkan beberapa penanda peradangan dan mungkin berguna dalam mengobati kondisi peradangan.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x