Pengertian Ilmu Kalam Secara Etimologi dan Terminologi

- 18 Desember 2021, 20:00 WIB
Definisi ilmu kalam.
Definisi ilmu kalam. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS– Secara harfiah kata Kalam berarti pembicaraan. Dalam pengertian,pembicaraan yang bernalar dan menggunakan logika. Maka ciri utama Ilmu Kalam adalah rasionalitas dan logis. Sehingga ia erat dengan ilmu mantiq atau logika.

Istilah lain Ilmu Kalam adalah teologi islam, yang diambil dari Bahasa Inggris, theology.

Secara Etimologi, Ilmu Kalam adalah Ilmu yang membicarakan bagaimana menetapkan kepercayaan-kepercayaan keagamaan (agama islam) dengan bukti-bukti yang yakin. Ilmu Kalam disebut juga ilmu yang membahas soal-soal keimanan.

Baca Juga: Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Gelar Acara 7 Bulanan

Ada beberapa alasan kenapa Ilmi ini dinamai dengan Ilmu Kalam, diantaranya:

a. Sebagaian para ulama ketika menjelaskan berbagai persoalan dalam hal-hal akidah islam itu, yang biasa digunakan oleh para filosof. Para ulama menyebut metodenya itu dengan sebutan al-kalam, sehingga mereka disebut ahl-ul kalam, sedang para filosof dapat disebut ahl-il mantiq.

b. Pada abad ke dua hijriyah ada persoalan yang menggoncangkan umat islam yaitu tentang persoalan kalamullah. Apakah kalamullah itu diciptakan atau bukan, baru (hadist), atau terdahulu (qadim).

Baca Juga: Elkan Baggott Harus Merampungkan 1 Syarat Lagi Jika Ingin Bermain Melawan Malaysia

Sedangkan secara Terminologi Ilmu Kalam adalah suatu Ilmu yang membahas berbagai masalah ketuhanan dengan menggunakan argumentasi logika dan filsafat.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: buku aqidah akhlak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x