3 Amalan yang Tetap Mengalir Meski Sudah Meninggal Dunia

- 25 Januari 2022, 07:17 WIB
Sedang jiarah kubur.
Sedang jiarah kubur. /REUTERS

PRIANGANTIMURNEWS- “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

Setiap yang bernyawa pasti merasakan mati dan ketika mati maka tidak ada lagi amalan yang bisa dia kerjakan. Karena jasadnya sudah kaku tak berdaya.

Kuburan Lah tempatnya. Saat itu diri akan sangat memerlukan amalan baik untuk menyelamatkannya dari siksa.

Baca Juga: 8 Pintu Rezeki yang Ada Dalam Alquran

Dan ternyata ada 3 amalan yang akan terus mengalir meski orang telah meninggal dunia:

1. Sedekah jariyah
Ketika manusia semasa hidupnya gemar bersedekah. Hartanya digunakan untuk membangun masjid, membangun pondok pesantren, membagun sekolah, rumasakit dan amalan jariyah lainya lalu ketika ada orang yang memanfaatkanya maka orang yang telah bersedekah jariyah akan tetap mendapatkan kiriman pahala.

2. Ilmu Yang Bermanfaat
Ketika manusia semasa hidupnya adalah orang yang gemar mengajarkan ilmu ilmu kebaikan kepada orang lain. Gemar menunjukkan amalan amalan solih kepada orang lain lalu orang lain itu mengerjakannya maka akan tetap mengalir tercatat pahala untuk orang tersebut.

Baca Juga: Saling Melengkapi, 5 Pasangan Zodiak Diprediksi Akan Cocok

3. Anak yang soleh solehah
Ketika orang semasa hidupnya memiliki anak dan mengajarkan mendidik menasehati memberi contoh sehingga anak yang awalnya tidak tahu hingga menjadi soleh maka doa anak tersebut akan tetap diterima sebagai amalan orang yang telah meninggal.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @zack.ha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x