Amalan Malam 27 Rajab, Salah Satunya Memperbanyak Doa dan Istigfar!

- 3 Februari 2022, 08:16 WIB
 Ilustrasi  bulan rajab jatuh pada Kamis 3 Februari 2022
Ilustrasi  bulan rajab jatuh pada Kamis 3 Februari 2022 / unspalsh.com @Luca /

PRIANGANTIMURNEWS- Banyak yang melakukan aktivitas ibadah tertentu sebagai amalan malam 27 Rajab, termasuk di Indonesia.

Hal ini karena tanggal tersebut dipercaya sebagai waktu Nabi Muhammad melakukan Isra Miraj.

Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al Miraj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam. Isra Miraj dipercaya terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian.

Sebelum mengetahui amalan malam 27 Rajab yang disebut sebagai malam terjadinya peristiwa Isra Miraj, ada baiknya untuk mengenal salah satu bulan dalam Islam ini.

Baca Juga: 5 Amalan dan Keutamaan Bulan Rajab

Bulan Rajab adalah salah satu bulan mulia yang juga disebut sebagai asyhurul hurum atau bulan-bulan haram. Saat itu, manusia dilarang (diharamkan) untuk berperang, kecuali dalam keadaan membela diri dan terdesak.

Bulan Rajab terletak antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya’ban. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

(Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn)

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x