Amalan-amalan Penting di Hari Jumat, Pesan Syekh Ali Jaber: Perbanyaklah Bersholawat

- 18 Maret 2022, 14:21 WIB
 Pesan Syekh Ali Jaber sebelum beliau wafat perbanyak baca sholaat di hari Jumat  
 Pesan Syekh Ali Jaber sebelum beliau wafat perbanyak baca sholaat di hari Jumat   /Tangkapan layar Instagram @syekh.alijaberrr /

 

PRIANGANTINURNEWS- Bersholawat kepada Rasulallah SAW, itu merupakan Amalan penting yang harus dilaksanakan pada hari Jumat.
 
Karena pada hari Jumat Rasulallah SAW menginginkan dan berpesan kepada umatnya "Perbanyaklah Bersholawat kepadaku dihari Jumat,".
 
Menurut Syekh Ali Jaber, pada hari Jumat kita dibolehkan untuk tidak berzikir asalkan fokus Bersholawat kepada Rasulallah SAW.
 
 
Karena Rasulallah menganjurkan kepada setiap umat-Nya untuk Bersholawat kepada beliau dihari Jumat.
 
Syekh Ali Jaber Menegaskan bahwa Bersholawat dianjurkan dilakukan sepanjang hari, dimanapun kalian berada, bersholawatlah kepada nabi Muhammad SAW.
 
Amalan selanjutnya, jangan lupa membaca surah Al Kahfi sebanyak 110 ayat. Jika tidak memungkinkan untuk membacanya boleh mendengarkan nya lewat murrotal Al Qur'an surat Al Kahfi yang ada pada handphone.
 
 
Orang yang menyimak Al-Qur'an, pahala nya sama seperti orang yang membaca Al-Qur'an.
 
Lalu perbanyaklah berdo'a kepada Allah SWT. Ada 1 jam dihari Jumat yang do'a nya tidak akan ditolak.
 
Rasulullah Saw bersabda di hadist yang shahih: "saa'atun aakhiru saa'atun min nahaari jumu'ati laa yuwaafiquha 'abdun Muslimun illastujibalah,".
 
"Ada satu jam dalam hari Jumat itu. Barang siapa yang mendapatkan berdoa di 1 jam itu, maka tidak akan ditolak do'a nya dan akan diijabah oleh Allah SWT,".
 
 
Menurut Syekh Ali Jaber, ulama memiliki perbedaan pendapat dalam memahami tentang 1 jam itu. 
 
Menurut nya dari kumpulan berbagai macam riwayat hadits, 1 jam yang paling terkuat untuk diterima do'a nya adalah 1 jam terakhir pada sore hari.
 
"kira-kira 1 jam sebelum Maghrib berarti kita sudah mendapatkan keutamaan doa mustajab," Ungkap Syekh Ali Jaber.
 
 
Selanjutnya adalah bersedekah disubuh hari, dianjurkan bersedekah setelah melaksanakan solat subuh berjamaah.
 
Banyak ayat didalam Al-Qur'an bahwa Allah mengingatkan berinfaq ban bersedekah setelah shalat subuh.
 
Contoh dalam surah Al Baqarah ayat 3, surah Al maidah ayat 55, surah Fathir ayat 29. Jadi banyak ayat didalam nya berisi bahwa Allah mengingatkan untuk berinfaq, sedekah setelah shalat subuh.
 
Pelajaran yang bisa diambil, salah satu cara Allah memurah rezekikan seseorang, dengan mendatangkan rezeki yang istimewa, yaitu dengan menjaga sedekah setiap shalat.
 
 
Apalagi jika bersedekah disubuh hari, karena setelah subuh ada dua malaikat yang sedang berdo'a.
 
Satu mendoakan baik bagi orang yang berinfaq disubuh hari, dan yang kedua malaikat yang mendoakan orang-orang kikir, pelit dan tidak mau bersedekah disubuh hari.
 
Bila kita tidak mampu untuk bersedekah itu termasuk udzur, tapi jika kita mampu lalu tidak dibiasakan bersedekah disubuh hari, jangan sampai terkena do'a malaikat.***
 
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Youtube Syekh Ali Jaber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x