Definisi Ramadhan, Menurut dr. Zaidul Akbar: Bukan Sekedar Menahan Lapar dan Hawa Nafsu

- 3 April 2022, 22:56 WIB
Ilustrasi malam di bulan ramadhan.
Ilustrasi malam di bulan ramadhan. /Pexels/

PRIANGANTINURNEWS- Definisi Ramadhan yang biasa kita ketahui, adalah bulan yang penuh berkah, di bulan ini umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Setelah itu di bulan Ramadhan kita tidak hanya diwajibkan berpuasa, tetapi kita juga dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Ada pemaknaan yang lebih luas tentang definisi Ramadhan, Akan tetapi menurut dr. Zaidul Akbar banyak definisi Ramadhan yang perlu dimunculkan kembali, Agar Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik dan terindah yang pernah dirasakan seumur hidup.

Baca Juga: Belum Perpanjang Kontrak dengan PERSIB, Mohammed Rashid Akan Diganti Pemain Lokal

Definisi Ramadhan menurut dr. Zaidul Akbar, adalah syahru Qur'an. Rasulullah SAW bertadarus Al-Qur'an bersama jibril setiap malam di bulan Ramadhan.

Tadarus bukan hanya sekedar dibaca, akan tetapi bisa memahami juga maknanya dan berinteraksi dengan Al-Qur'an lebih intensif di bulan Ramadhan.

Imam Ibnu Rajab, pernah menulis buku tentang keutamaan bulan-bulan dalam Islam dan Amalan-amalan yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Satu hal yang membuat dr. Zaidul Akbar tertampar yaitu saat membahas tentang bulan Ramadhan, dan bagaimana para sahabat mendefinisikan Ramadhan.

Baca Juga: Karbohidrat Terbaik untuk Sahur dan Buka Puasa

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @zaidulakbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah