Hukum Sholat Iftitah Sebelum Sholat Tarawih

- 8 April 2022, 03:57 WIB
 Ilustrasi sholat.
Ilustrasi sholat. /Antara Foto

PRIANGANTIMURNEWS- Di masjid dekat rumah ana, sebelum sholat taraweh selalu sholat sunnah iftitah 2 rakaat terlebih dahulu, apakah ada dalilnya ustadz? Syukron Jazakumullah Khairan.

Terkait dengan Sholat Iftitah, di antara dalil sholat iftitah mengacu kepada riwayat Aisyah berikut di mana disebutkan,”

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ لِيُصَلِّيَ افْتَتَحَ صَلاَتَهُ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ [رواه مسلم].

Baca Juga: Mengira Sudah Bersih dari Haid Lalu Berpuasa

Dari ‘Aisyah (diriwayatkan) ia berkata, adalah Rasulullah saw apabila akan melaksanakan sholat lail, beliau memulai (membuka) sholatnya dengan (sholat) dua rakaat yang ringan-ringan [HR. Muslim].

Apakah bisa langsung diterapkan pada permulaan sholat tarawih, sebagai sholat pembuka?

Ada perbedaan penafsiran dalam memahami dua rakaat hadist tersebut, antara yang mengatakan bahwa ia adalah sholat sunnah setelah wudhu dan ada juga yang menjelaskan keduanya bagian dari sholat tahajjud.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Aesthetic di Android dan IOS, Kece Ala Selebgram!

Berkata al Qari Mula di dalam Syarh Muslim ketika menjelaskan maksud dari hadist di atas, di antaranya beliau menjelaskan bahwa sholat malam di atas maksudnya adalah sholat tahajjud, di mana beliau shallahu alaihi wasallam membuka sholatnya dengan dua rakaat ringan.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Bimbingan Islam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x