Malam Nuzulul Quran 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Simak Pengertian dan Keutamaan yang Terkandung Didalamnya

- 13 April 2022, 21:43 WIB
Ilustrasi mebaca Al Quran
Ilustrasi mebaca Al Quran /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Malam Nuzulul Quran di tahun 2022 jatuh pada tanggal berapa? simak informasi lengkap tentang malam Nuzulul Quran dalam artikel ini.

Pada bulan suci Ramadhan, terdapat peristiwa yang penting dalam sejarah agama Islam. Peristiwa tersebut dinamai dengan malam Nuzulul Quran.

Apa itu Nuzulul Quran? Nuzulul Quran adalah peristiwa diturunkannya Al-Quran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantara malaikat Jibril.

Baca Juga: Batas Minimal Suami Memberi Nafkah Batin pada Istri, Simak Penjelasan Ustad Adi Hidayat!

Diturunkannya Al Quran tersebut bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan. Maka pada tanggal 17 Ramadhan, merupakan peringatan malam Nuzulul Quran.

Seperti yang diketahui, Al Quran merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia, serta meruapakan salah satu mukzijat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Tentunya, Hari yang istimewa ini sangat dinantikan bagi seluruh umat Islam, sehingga tak sedikit yang bertanya-tanya Nuzulul Quran 2022 tanggal berapa.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa 12 Ramadhan 1443 Hijriyah, Kamis 14 April 2022 Wilayah Pangandaran

Jika ditinjau dari Keputusan Kementrian Agama (Kemenag) yang menetapkan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Apabila malam Nuzul Quran diperingati setiap malam 17 Ramadhan, maka untuk menjawab Nuzulul Quran 2022 tanggal berapa, jawabannya jatuh pada Senin, 18 April 2022.

Halaman:

Editor: Rahmawati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah