Empat Sunnah Nabi yang Dilakukan di Hari Raya Idul Fitri

- 26 April 2022, 14:04 WIB
 Ilustrasi di hari raya idul fitri./freepik
 Ilustrasi di hari raya idul fitri./freepik /

PRIANGANTIMURNEWS - Hari Raya Idul Fitri bagi setiap orang akan memiliki arti yang berbeda-beda. Selain waktu berkumpul dengan keluarga, Idul Fitri juga merupakan hari suci untuk membersihkan segala kesalahan.

Baik itu kesalahan yang sengaja maupun yang tidak disengaja kepada orang lain dan sebaliknya.

Dalam perayaan Idul Fitri memiliki sunnah-sunnah yang dianjurkan Nabi SAW di antaranya berikut ini.

Baca Juga: CEO Tesla Elon Musk Beli Twitter Senilai 34 Miliar Poundsterling atau Setara...

1. Melantunkan Takbir

"Nabi SAW biasa keluar hendak sholat pada hari raya Idul Fitri sambil bertakbir sampai di lapangan dan sampai sholat henda dilak sanakan. Ketika sholat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari bertakbir".

2. Mandi dan Berhias Diri "Nabi SAW memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fitri dan Idul Adha, juga untuk digunakan pada hari Jum'at". (HR. Ibnu Khuzaimah, dalam kitab shahihnya, 1765)

3. Makan sebelum Sholat Idul Fitri "Rasulullah SAW tidaklah keluar pada hari Idul Fitri (ke tempat shalat, pen.) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil". (HR. Bukhari).

Baca Juga: Ray Parlor Percaya Diri Mengkalim Cristiano Ronaldo Berpindah Ke Arsenal

4. Mengucapkan Selamat Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari 'ied, satu sama lain saling men gucapkan, "Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)". Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa hadits ini hasan. (Fath Al-Bari, 2: 446)

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @shafpembangunan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah