Simak Baik- Baik! Puasa 6 Hari di Bulan Syawal Seperti Puasa Setahun Penuh

- 2 Mei 2022, 20:47 WIB
Ilustrasi puasa Syawal./Freepik
Ilustrasi puasa Syawal./Freepik /

PRIANGANTIMURNEWS- "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh" (HR. Muslim)

Dari Tsauban, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ، مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

"Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. "Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal." (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil)

Baca Juga: Idul Fitri Hanya 1 Hari, Besok Bisa Mulai Puasa Syawal, Simak Penjelasannya

Orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan.

Puasa syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh.

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat ini bagi umat Islam. Dan Kami Putuskan untuk Tidak Puasa Syawal 2 dan 3 Syawal.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 9 Kakak Beradik Pemain Sepak Bola Terkenal yang Sering Terlupakan

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @ikhwan.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah