Inilah Sejarah Singkat Halalbihalal

- 9 Mei 2022, 11:18 WIB
Ilustrasi halalbihalal
Ilustrasi halalbihalal /

PRIANGANTIMURNEWS- Halalbihalal di negara lain tidak ada sampai di negara Arab Saudi tidak ada halalbihalal, Malaysia, Brunei, Singapura tidak ada, Mesir tidak ada, yang ada hanya di Indonesia.

Mulai kapan halal bihalal diadakan. Mulai tahun 46 (alias 1946). Kenapa harus ada halal bi halal. Suatu waktu pak karno bingung. Orang bingung tidak menemukan pelarian dan pelariannya itu menuju ke ulama.

Namanya KH. Wahab Chasbullah Jombang. pendiri NU kedua dari KH. Hasyim Asy'ari dipanggil. KH wahab chasbullah menghadap kepada Pak Karno. Sampai ke pak karno. Pak karno matur (bilang)" Kiai saya susah, indonesia tambah banyak dongeng atau cerita yang aneh-aneh. Susah dalam penghidupan, meskipun ada rejeki tidak manfaat.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer, Leo, dan Virgo Hari ini tentang Percintaan: Leo Harus Bisa Memahami dan Fleksibel

Sama Kia Wahab dijawab "Silaturrahmi pak karno" itu sudah di lakukan. Mau jalan yang lain saya barang kali ada yang lebih keramat(mustajab).

Besok saya mau pulang dulu. Saya mau isthihoroh. Pulang ke jombang Isthihoroh. Orang yang Kyai Wali yang isthihoroh. Kyai tengateh(selalu berhati") yang isthoroh.

Sekalian langsung khasil, Apa Hasilnya? tulisan jelas halalun bi halalin. Dan disuruh halalbihalal. Dan Pak karno sowan kepada Kyai Wahab Chasbullah " Kadi'napah kyaeh" ( bagaimana kyai ). KH. Wahas Chasbullah Menjawab " Ayo diadakan acara halalbihalal".

Sampai sekarang terus berjalan apa yang dinamakan halalbihalal Tersebut. Pak Soekarno dan KH. Wahab selalu ikut apabila tiap diadakan halalbihalal.***

Editor: Galih R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x