Puluhan Ribu Kepala Desa Penuhi Senayan, Silaturahmi Nasional APDESI

- 29 Maret 2022, 20:22 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan pada acara silturahmi APDES di Senayan Jakarta
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan pada acara silturahmi APDES di Senayan Jakarta / Instagram @luhut.pandjaitan/
  PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, ketika berbicara didepan puluhan ribu Kepala Desa dari seluruh Indonesia yang hadir di Istora Senayan Jakarta hari ini, 
 
Saya teringat percakapan saya dengan mantan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang menyebut bahwa tidak pernah terjadi sebuah pemerintahan di suatu negara memberikan pendanaan untuk seluruh wilayah desa di negara tersebut. 
 
Baru kali ini ada di Indonesia. Bagi saya itu adalah sebuah pujian karena bahkan mereka pun menyebut pemberian dana desa dipuji oleh Bank Dunia karena nyatanya dapat mengurangi angka kemiskinan sehingga menekan gini ratio.
 
 
Di momen Silaturahmi Nasional APDESI kali ini, saya ingin para kepala desa ikut merasakan kebanggaan yang juga saya rasakan tentang visi menuju Indonesia 2045.
 
Mulai dari target penanganan pandemi sekaligus di dalamnya ada pemulihan ekonomi. 
 
Belum lagi soal transformasi ekonomi yang dirijen nya ada pada program hilirisasi industri, hingga meningkatkan efisiensi melalui digitalisasi. 
 
 
Dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Instagram @luhut.pandjaitan Selasa 29 Maret 2022 menyebut, hari ini adalah kesempatan emas bagi saya untuk bertemu para aparatur desa.
 
Saya tantang mereka agar mampu melihat peluang usaha yang dikembangkan dari wilayah tempat tinggal mereka. Dengan begitu rasa cinta dan bangga akan produk lokal asli daerah bisa muncul perlahan-lahan. 
 
Jangan hanya menjadi jago kandang saja, namun juga punya keberanian memasarkan segala produk UMKM Desa untuk masuk ke dalam pasar-pasar nasional hingga global.
 
"Sebelum meninggalkan lokasi acara, saya sempat berbincang dengan beberapa kepala desa, " kata Luhut.
 
 
Mereka sampaikan kepada saya agar program yang baik ini, tetap dipertahankan karena para kepala desa melihat capaian transformasi ekonomi hari ini, tak lepas dari peran desa-desa mandiri yang semakin banyak terbentuk dan keluar dari desa tertinggal berkat pemanfaatan dana desa. 
 
Banyak perubahan yang dirasakan oleh para kepala desa sejak bergulirnya program dana desa yang menjadi motor bagi desa-desa di seluruh Indonesia untuk terus bergerak maju agar pembangunannya tidak semakin tertinggal dari wilayah kota. Karena membangun desa berarti membangun Indonesia.***
  
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x