Potong Kuku dan Cukur Rambut, Apa Boleh Bagi yang Berkurban di Bulan Dzulhijjah?

- 2 Juli 2022, 23:20 WIB
    Ustadz Adi Hidayat sedang menjelaskn tentang larangan memotong kuku dan rambut bagi mau berkurban
  Ustadz Adi Hidayat sedang menjelaskn tentang larangan memotong kuku dan rambut bagi mau berkurban /YouTube Adi Hidayat official/

PRIANGATIMURNEWS - Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang amalan kebaikannya dicintai oleh Allah.

Hari raya idul adha diselenggarakan di bulan Dzulhijjah dengan melakukan penyembelihan hewan kurban sebagai salah satu bukti cinta seorang hamba kepada Allah.

Bagi orang yang mau berkurban ada suatu amalan sunah yang perlu dilakukan yaitu larangan untuk memotong kuku dan tidak mencukur rambut hingga waktu penyembelihan tiba.

Baca Juga: Tutorial Memasak Daging Kurban Agar Tidak Bau Amis

Dalam penjelasan ust. Adi Hidayat kalau berkurban diniatkan untuk sendiri maka amalan sunahnya yaitu larangan memotong kuku dan tidak mencukur rambut hingga waktu penyembelihan tiba.

Tetapi kalau di niatkan untuk satu keluarga maka keluarga yang disebutkan dalam kurban yang masih hidup, amalan sunahnya yaitu larangan memotong kuku dan tidak mencukur rambut hingga waktunya tiba juga.

Pada intinya tergantung kepada niatnya seseorang.

Baca Juga: Cara Sehat Mengkonsumsi Daging Kurban, Salah Satunya Atur Porsi

Hikmah dari larangan memotong kuku dan tidak mencukur rambut adalah semoga Allah berkenan mengampuni seluruh dosa-dosanya dari ujung rambut kepala hingga ujung kuku di jemari.

Amalan sunah ini diperkuat dengan sebuah hadist shahih dari nabi muhamad saw dilansir dari kemenag diriwayatkan oleh jama’ah kecuali al-Bukhari.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x