Beberapa Peristiwa Penting Bagi Para Nabi yang Terjadi Pada Bulan Muharram

- 19 Juli 2023, 12:00 WIB
 Ilustrasi Muharram,Bulan yang dimuliakan Allah di dalamnya memiliki peristiwa yang penting bagi para Nabi/Orami.
Ilustrasi Muharram,Bulan yang dimuliakan Allah di dalamnya memiliki peristiwa yang penting bagi para Nabi/Orami. /
 
PRIANGANTIMURNEWS- Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah baru saja tiba. Tahun Hijriyah diawali dengan bulan Muharram sebagai bulan pembuka.

Banyak keistimewaan dari Bulan Muharram ini. Selain salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT, pada bulan Muharram ini juga terdapat peristiwa-peristiwa yang dialami oleh para Nabi.

Berikut beberapa peristiwa bagi para Nabi yang terjadi pada bulan Muharram dilansir dari halaman megasyariah.co.id.
 

Peristiwa pertama yang berhubungan dengan manusia pertama yang diciptakan Allah SWT yakni Nabi Adam. Allah menciptakan Nabi Adam AS dan istrinya Siti Hawa pada bulan Muharram.

Di Bulan Muharram juga-lah Allah memberikan ampunan kepada Nabi Adam setelah memakan buah Khuldi yang dilarang oleh Allah.

Peristiwa berikutnya yakni peristiwa yang dialami oleh Nabi Idris AS. Allah mengangkat derajat Nabi Idris pada bulan Muharram.

Lalu peristiwa yang dialami oleh Nabi Yaqub. Di Bulan Muharram, Nabi Yaqub bisa melihat kembali setelah terpuruk dan jatuh sakit akibat putranya yakni Nabi Yusuf AS menghilang. Hal ini tertuang dalam Surat Yusuf Ayat :76.
 
Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, DKM Rahmatullah Perum BRP Gelar Istigosah dan Doa Bersama

Berikutnya peristiwa yang terjadi terhadap Nabi Musa. Di Bulan Muharram, Nabi Musa AS diselamatkan dari kejaran Fir'aun. Peristiwa ini terjadi pada 10 Muharram. Pada Bulan Muharram ini pula Allah menurunkan Kitab Taurat. Dan pada Muharram juga  tenggelamnya Fir'aun di Laut Merah.

Peristiwa Nabi Yunus yang keluar dari perut ikan setelah selama 40 hari berada di dalam perut ikan tersebut terjadi juga pada Bulan Muharram.

Peristiwa lainnya yang terjadi pada Bulan Muharram yang menimpa para Nabi adalah Nabi Nuh diselamatkan dari bencana banjir, Nabi Ibrahim diselamatkan dari kobaran api, Nabi Ayub diberikan kesembuhan dari penyakit kulit bernanah di sekujur tubuhnya dan Nabi Yusuf yang dibebaskan dari penjara.
 
Baca Juga: Sejarah Singkat Tahun Baru Islam dan Nama-Nama Bulan Didalamnya

Tentu saja peristiwa yang sangat penting khususnya bagi umat Muslim yakni peristiwa Hijrahnya Baginda Nabi Muhammad SAW. Peristiwa hijrahnya Rosulullah dari Mekah ke Madinah ini kemudian menjadi tonggak awal lahirnya tahun Islam atau Hijriyah.

Itulah beberapa peristiwa yang terjadi bagi para Nabi yang terjadi pada bulan Muharram.***




Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x