Komjen Listyo Harapan Baru Memerangi Kejahatan Kerah Putih dan Kejahatan Jalanan

- 18 Januari 2021, 00:14 WIB
Listyo Sigit Prabowo jadi Calon Kapolri, Pakar Sebut Ada Tiga Ciri Kelompok yang Menolak.*
Listyo Sigit Prabowo jadi Calon Kapolri, Pakar Sebut Ada Tiga Ciri Kelompok yang Menolak.* /Antara/ Galih Pradipta

PRIANGANTIMURNEWS - Penunjukkan Komjen Listyio menjadi Calon Kapolri oleh Presiden Joko Widodo banyak memunculkan harapan baru dalam memerangi kejahatan.

Harapan itu salah satunya muncul dari Pakar hukum Universitas Jenderal Soedirman Prof. Hibnu Nugroho.

Hibnu seperti dikutip Priangantimurnews dari Antara menilai selama ini Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo fokus memerangi kejahatan jalanan (street crime) dan kerah putih yang diperkirakan bakal meningkat tinggi ke depan.

Baca Juga: Pencarian Hari ke-9, Basarnas Temukan 14 Kantong Jasad Penumpang dan Serpihan SJ 182

"Artinya, penunjukan Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Pol. Idham Azis merupakan langkah yang tepat," kata Hibnu, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Ahad 17 Januari 2021.

Dikatakan Hibnu Listyo itu orang Reskrim ke depan masalah-masalah kejahatan itu tinggi sekali sehingga dibutuhkan fokus polisi yang mampu menangani kejahatan-kejahatan kerah putih."

Hibnu mengatakan bahwa rencana strategis Polri pada era global dan geopolitik internasional tentu sudah diletakkan oleh Kapolri sebelum-sebelumnya sehingga Komjen Pol. Listyo tinggal melanjutkan saja.

Baca Juga: Terlalu Banyak Duduk atau Berdiam Diri Yang Sering Disebut Mager

"Semboyan polisi sekarang itu promoter, yakni profesional, modern, dan terpercaya. Saya kira itu tinggal mengembangkan dengan mengantisipasi kejahatan-kejahatan lain. Saya kira rakyat makin percaya, rakyat makin terlindungi dengan permasalahan-permasalahan kasus hukum maupun kamtibmas yang terus berkembang di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Untuk itu, Hibnu melihat Komjen Pol. Listyo sebagai sosok polisi yang reformis dan terbuka terhadap permasalahan internal Polri, terbukti ketika ada kasus yang menyeret anggota Bareskrim Polri diusut tuntas secara transparan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x