Berbahaya, Jangan Unggah Kartu Vaksinasi Covid-19 di Media Sosial, Lindungi Identitas Diri

- 7 Februari 2021, 21:55 WIB
Ilustrasi kartu vaksinasi Covid-19
Ilustrasi kartu vaksinasi Covid-19 /ANTARA FOTO/
PRIANGANTIMURNEWS- Sebagian banyak orang telah bangga karena sudah melakukan vaksinasi virus corona. Dengan menggugah kartu vaksinasi Covid-19 selfi di media sosial. Keputusan itu sangatlah membahayakan.
 
Komisi Perdagangan Federal AS pada sebuah postingan blognya menerangkan bahwa, "Beberapa dari anda merayakan vaksinasi COVID-19 kedua anda dengan antusiasme yang biasanya ditujukan untuk pernikahan, bayi baru lahir, dan acara kehidupan lainnya," 
 
Dalam keterangan tertulisnya juga ia menuliskan, "Anda semua jangan memposting kartu vaksinasi di media sosial. Tolong jangan lakukan itu, anda bisa saja mengundang pencurian identitas" Minggu, 7 Februari 2021.
 
 
Dikutip dari Antara, 'Jangan unggah selfie kartu vaksinasi COVID-19 di media sosial'
 
Kartu tersebut tidak hanya mencantumkan nama dan tanggal lahir orang yang divaksinasi, tetapi juga mencantumkan kapan dan di mana anda mendapatkan suntikan. 
 
Kecuali jika semua akun media sosial anda dikunci ke setinggan pribadi, anda membagikan banyak data gratis tentang diri anda yang mungkin tidak ingin diketahui oleh rando di internet.
 
 
The New York Times berbicara dengan beberapa pakar privasi yang mengatakan bahwa penipu ulung dapat berpura-pura menjadi pejabat kesehatan untuk mengelabui orang yang telah menerima dosis pertama vaksin agar berpikir bahwa mereka perlu membayar untuk dosis kedua, dan mendapatkan korbannya.
 
Informasi Kartu Kredit dan bisa saja seseorang dapat menggunakan foto kartu vaksinasi anda untuk membuat ulang kartunya dan kemungkinan menjual versi palsu— sesuatu yang tampaknya sudah terjadi di Inggris.***
 

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x