Lebaran Idulfitri Tahun 2021 Pemerintah Tidak Melarang Masyarakat Mudik

- 18 Maret 2021, 15:49 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS- Lebaran Idulfitri tahun 2021 ini, pemerintah melalui Menteri Perhubungan tidak melarang masyarakat untuk melakukan mudik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumandi mengungkapkan pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik lebaran dan akan membuat mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun pihaknya dan gugus tugas Covid-19.

“Terkait dengan mudik 2021 pada prinsipnya pemerintah lewat Kemenhub tidak akan melarang. Kami akan koordiansi dengan GugusTugas bahwa mekanisme mudik akan diatur bersama dengan pengetatan, dan lakukan tracing pada mereka yang akan bepergian,” ujar Budi Karya dalam rapat kerja dengan komisi V DPRI RI.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Akan Dirikan Sekolah Politik Perempuan di Jawa Barat

Pasalnya beberapa program yang dilakukan baru-baru ini dinilai menambah rasa percaya diri masyarakat. Sehingga, dia pun memprediksi bisa terjadi lonjakan orang mudik tahun ini.

“Pasti terjadi lonjakan. Program vaksinasi membuat masyarakat ingin bepergian. Ada juga PPnBM 0 persen dengan penggunaan tes genose yang membuat orang confident bepergian,” ungkap Budi Karya.

Namun ia menegaskan bahwa pemerintah akan menekankan protokol kesehatan.

Sebagai informasi, tahun lalu, pemerintah melarang mudik lebaran. Hal itu dilakukan demi menekan penyebaran virus corona antar daerah. Selain itu, semua mekanisme perjalanan akan diatur oleh pemerintahan dan Satgas Covid-19.

Baca Juga: Terbongkar Pemalsuan Buku Nikah, Kemenag Imbau Masyarakat Waspada

Hari raya Idulfitri tahun 2020 lalu akan menjadi peristiwa yang akan selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x