Menhub Budi Karya Sumardi Meminta Pengelolaan Terminal Bisa Dikerjasamakan dengan Swasta

- 13 Maret 2021, 06:56 WIB
*Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan salah satu sopir bus, saat kunjungan kerja meninjau progres revitalisasi Terminal Harjamukti Kota Cirebon Jumat (12/3/2021).
*Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan salah satu sopir bus, saat kunjungan kerja meninjau progres revitalisasi Terminal Harjamukti Kota Cirebon Jumat (12/3/2021). /Pikiran Rakyat/Ani Nunung

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pengelolaan terminal bisa menggandeng swasta. Itu dilakukan karena terbatasnya alokasi anggaran dalam APBN.

Menurut Budi Karya Sumadi, pengelolaan terminal yang melibatkan pihak swasta dilakukan agar bisa membiayai operasionalnya sendiri, sehingga tidak membebani APBN.

"APBN kita semakin tidak banyak, saya mengharapkan agar pembangunan terminal ini bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta. Supaya setiap terminal bisa membiayai dirinya sendiri melalui kerja sama capex yang sifatnya investasi atau opex," kata demikian kata Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau revitalisasi terminal Harjamukti Cirebon Jawa Barat Jumat 12 Maret 2021.

Baca Juga: Penanganan Lahan Kritis di DAS Citarum Milik Masyarakat dengan Sistem Agroforesty

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meminta nantinya pengelolaan Terminal Harjamukti Cirebon bisa dikerjasamakan dengan swasta.

Pada kesempatan itu, Menhub juga menyaksikan langsung uji coba kendaraan uji kir keliling (non statis) yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat di halaman belakang terminal.

Saat ini progres revitalisasi Terminal Harjamukti sudah mencapai sekitar 70 persen, dan ditargetkan selesai pada tahun 2023 mendatang.

Nantinya akan ada sarana penginapan atau hotel yang dilengkapi kolam renang, pusat bisnis, pelayanan kesehatan, dan fasilitas lainnya yang mengutamakan kenyamanan.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Mendapatkan Kode Bayar E-Samsat Jawa Barat, Proses Pengesahan STNK

Dari rencana tiga lantai, revitalisasi terminal dengan desain baru yang modern, baru satu lantai yang dibangun.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x