Kemensos RI Ungkapkan Sejarah TAGANA Berdiri 17 Tahun Lalu

- 25 Maret 2021, 19:58 WIB
Tagana sedang bertugas evakuasi korban bencana.
Tagana sedang bertugas evakuasi korban bencana. /Instagram Kemensos RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) memperingati hari lahir Taruna Siaga Bencana  (TAGANA) pada hari Rabu, 24 Maret 2021.

TAGANA merupakan salah satu potensi sumber kesejahteraan sosial dalam konteks penanggulangan bencana. Bencana adalah kejadian buruk yang diakibatkan oleh kecerobohan manusia sendiri terhadap alam sekitar.

TAGANA sendiri sejak dilahirkan 17 tahun lalu merupakan hasil dari pertemuan para penggiat kemanusiaan. TAGANA selalu bersama-sama Kementerian sosial dan BPBN (Badan Penangulangan Bencana Nasional) menangani bencana yang terjadi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Sinopsis Samudra Cinta 25 Maret 2021, Cinta Ketakutan Diajak Samudra ke Rumah Hantu

Sejak dideklarasikan, TAGANA menyikapi rancangan bangun sistem penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

Dilansir priangantimurnews dari Instagram Kemensosri yang sudah terverifikasi mengungkapkan sejarah perjalanan terbentuknya TAGANA, sebagai berikut:

Pada tahun 2002, TAGANA menyikapi rancang bangun sistem penangulangan bencana berbasis masyarakat. Kenapa berbasis masyarakat? karena TAGANA berperan serta dibentuk untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana.

Baca Juga: Erling Haaland dan Harry Kane Akan Jadi Perdebatan Tim Transfer Manchester United

Pada tahun 2004, Terjadi Pertemuan para pegiat kemanusiaan di Lembang, Pertemuan Jambore Nasional di Cibubur, dan aksi pertama TAGANA pada kejadian Tsunami Aceh 2004.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram Kemensosri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x