Bakamla Beberkan Roadmap Penguatan di DPR, Kondisi Sarana Prasarana Jauh dari Ideal

- 14 September 2021, 07:56 WIB
Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksda TNI S. Irawan saat beberkan Roadmap penguatan di DPR.
Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksda TNI S. Irawan saat beberkan Roadmap penguatan di DPR. /Puspen TNI/

PRIANGANTIMURNEWS- Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksda TNI S. Irawan, menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR di Ruang Rapat Komisi I, Lt.2 DPR RRI Gedung Nusantara II, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 13 September 2021.

Laksda TNI S. Irawan menyampaikan setidaknya empat poin dalam paparannya tentang roadmap penguatan Bakamla yaitu aspek legislasi, kebijakan dan strategi, sarana dan prasarana serta kebutuhan anggaran Bakamla kepada Komisi I DPR RI.

Bakamla saat ini tengah mendorong peranannya dalam menyinergikan patroli dan sistem informasi maritim sebagaimana diamanatkan dalam UU No.32 Tahun 2014 tentang Kelautan.

Kapal perang Indonesia buatan China./.
Kapal perang Indonesia buatan China./. CNA

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Hari Selasa, 14 September 2021, UEFA Champions League BSC Young Boys Vs Manchester United

Untuk mewujudkannya, Bakamla menyusun roadmap pengembangan kekuatan dan kemampuan Bakamla sebagai acuan kebijakan dan strategi penguatan kelembagaannya.

Sestama Bakamla RI juga mengungkapkan bahwa kondisi sarana prasarana Bakamla saat ini masih jauh dari ideal karena baru tersedia 10 kapal patroli berbagai jenis yang tentu tidak mencukupi untuk mengamankan seluruh wilayah Indonesia. Selain kapal patroli, Bakamla juga membutuhkan pengamatan udara seperti pesawat dan drone.

Dikatakannya, pengamatan udara ini dibutuhkan untuk melakukan identifikasi terhadap setiap kontak permukaan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan kapal patroli.

Baca Juga: Prediksi Lineup Galatasaray vs Lazio: Berita Tim Terbaru, Prediksi dan Live Stream UEL 2021 Matchday 1

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Puspen TNI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x