Presiden Joko Widodo Meresmikan 3.102 Komcad Prabowo Subianto: Setiap Warga Negara Wajib dan Berhak Ikut

- 7 Oktober 2021, 12:39 WIB
Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) di Pusdiklatpassus Batujajar Kabupaten Bandung Barar Kamis 7 Oktober 2021
Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) di Pusdiklatpassus Batujajar Kabupaten Bandung Barar Kamis 7 Oktober 2021 /Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/

PRIANGANTIMURNEWS - TNI sebagai komponen utama selalu siaga, tetapi perlu didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung.

Demikian diungkapkan Presiden Joko Widodo saat meresmikan pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) 2021 yang akan berlangsung di Pusdiklatpassus Batujajar Bandung Barat pada Kamis 7 Oktober 2021.

Jokowi menjelaskan bahwa Komcad merupakan sistem pertahanan yang bersifat rakyat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Yoga Selama Kehamilan Membantu Ibu dan Anak

Seperti dikutip priangantimurnews.com dari kanal Youtube Sekretariat Presiden Presiden Jokowi menyebutkan bahwa masa aktif Komponen Cadang tidak setiap hari, tidak setiap saat.

"Masa aktif Komponen Cadangan hanya pada saat mengikuti pelatihan dan saat mobilisasi serta harus selalu siaga jika dipanggil negara." Lanjut Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutan sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melaporkan setiap warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban dalam usaha pertahanan dan kemanan negara.

Baca Juga: Spoiler Little Mom Episode 7, Tayang Besok hanya hari Jumat, 08 Oktober 2021 di WeTV

Hak dan Kewajiban Warga Negara

"Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara sebagai mana telah diamanatkan dalam UUD 1945." ucap Prabowo Subianto.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x