Indonesia Serius Hadapi Ancaman Militer Kontemporer Beni: Komcad Bisa Didayagunakan

- 7 Oktober 2021, 23:47 WIB
Pasukan Komponen Cadangan (Komcad) saat sedang menunjukkan skilnya pada peresmian Komcad di Pusdiklatpassus Batujajar Kab.Bandung Barat, Kamis 7 Oktoner 2021
Pasukan Komponen Cadangan (Komcad) saat sedang menunjukkan skilnya pada peresmian Komcad di Pusdiklatpassus Batujajar Kab.Bandung Barat, Kamis 7 Oktoner 2021 /Tangkapan Youtube Sekretariat Presiden/

PRIANGANTIMURNEWS - Indonesia saat ini sedang serius menghadapi ancaman militer kontemporer.

Jadi keberadaan komponen cadangan (komcad) sejalan dengan kebutuhan pertahanan nasional dalam mengantisipasi ancaman militer kontemporer.

Demikian diungkapkan Peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi) Beni Sukadis.

Baca Juga: Waspada Masalah Jantung Setelah Pulih dari COVID-19

Dilansir priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat, Beni menyebut saat ini terdapat beberapa ancaman kontemporer terhadap Indonesia. Ancaman itu di antaranya potensi konflik di Laut China Selatan (LCS), spionase asing, dan lainnya.


Menurut Beni, Komcad bisa didayagunakan sebagai komponen yang mendukung TNI dalam menangani ancaman-ancaman tersebut, terutama dalam konteks psikologi operasi.


"(Yang dapat dilakukan komcad) dengan melakukan konter kampanye tentang proyeksi kapabilitas militer kita di Natuna dan sekitarnya," ujarnya di Jakarta, Kamis 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Dalam Seminggu, Waduk Cirata Telan Dua Korban Jiwa, Satu Orang Belum Ditemukan


"Dan perlindungan dari hacker (peretas) atau spionase asing dengan keberadaan mereka dan kapasitas sesuai profesinya," tambahnya.


Hal serupa diutarakan peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Andry Satrio Nugroho.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x