Presiden Jokowi Berharap Penanam Mangrove Diharapkan Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

- 9 Oktober 2021, 08:46 WIB
  Presiden Joko Widodo saat meninjau hutan mangrove di Bali. Pemerintah akan terus replikasi model rehabilitasi Mangrove untuk dikembangkan di Provinsi lain.
Presiden Joko Widodo saat meninjau hutan mangrove di Bali. Pemerintah akan terus replikasi model rehabilitasi Mangrove untuk dikembangkan di Provinsi lain. /Instagram @indonesia.pusaka/

PRIANGANTIMURNEWS - Hutan Mangrove di Provinsi Bali yang dibangun sejak tahun 2003 merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove.

Hutan mangrove di Bali selama ini dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, pariwisata, dan penguatan perekonomian.

Untuk itu, pemerintah akan terus melakukan replikasi model rehabilitasi Mangrove tersebut di provinsi lainnya.

Baca Juga: Lionel Messi Mengungkapkan Siapa yang Akan Dia Pilih Dalam Perebutan Ballon d'Or 2021

“Ini akan terus kita lakukan di kawasan-kawasan pesisir untuk memulihkan, melestarikan kawasan hutan Mangrove kita dan juga untuk mengantisipasi memitigasi dari perubahan iklim dunia yang terus dan akan terjadi,” kata Presiden Jokowi saat meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali.

Presiden berharap penanaman Mangrove di kawasan pesisir pantai dapat memperbaiki kualitas lingkungan, baik di pesisir maupun di daerah pantai itu sendiri.

“Melalui penanaman Mangrove ini kita harapkan bisa mengurangi energi gelombang, bisa melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air,” kata Jokowi seperti dikutip
priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari akun Instagram @indonesia.pusaka Sabtu 9 Oktober 2021.

Baca Juga: Percepat Penyaluran Bansos, Mensos Tri Risma Pangkas Jalur Birokrasi

Selain itu, Jokowi juga berharap rehabilitasi Mangrove dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui produksi hasil laut.

“Kita harapkan ada peningkatan produksi baik ikan maupun hasil laut lainnya, utamanya kepiting yang cocok untuk Mangrove ini dan yang paling penting bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujar Jokowi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram @indonesia.pusaka


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah