Awal Mula Diperingatinya Hari Dongeng Nasional

- 28 November 2021, 21:56 WIB
Pak Raden (Drs. Suyadi, 82 tahun) bercerita menggunakan boneka tokoh-tokoh dalam serial 'Unyil' dalam acara "Cerita Lagi Bareng Pak Raden" di kawasan silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu 9 Agustus 2021. Kegiatan itu mengingatkan keluarga Indonesia akan tradisi bercerita dari orang tua ke anak yang kini semakin terkikis dengan kesibukan dan hiburannya masing-masing.
Pak Raden (Drs. Suyadi, 82 tahun) bercerita menggunakan boneka tokoh-tokoh dalam serial 'Unyil' dalam acara "Cerita Lagi Bareng Pak Raden" di kawasan silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu 9 Agustus 2021. Kegiatan itu mengingatkan keluarga Indonesia akan tradisi bercerita dari orang tua ke anak yang kini semakin terkikis dengan kesibukan dan hiburannya masing-masing. /Antara/Fanny Octavianus

PRIANGANTIMURNEWS- Hari Dongeng Nasional diperingati pada tanggal 28 November.

Hari ini ditetapkan berdasarkan hari kelahiran Drs Suyadi atau yang dikenal masyarakat sebagai Pak Raden. Pak Raden dianggap sebagai tokoh yang telah berjasa menghidupkan dunia dongeng.

Kemudian Hari Dongeng Nasional dideklarasikan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kementerian Penddikan dan Kebudayaan, mendongeng selain sebagai kegiatan untuk menidurkan anak, juga bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan pada otak kanan anak, psikologis, kecerdasan emosional serta meningkatkan imajinasi pada anak.

Baca Juga: PERSIB Pakai Jersey Serba Biru, 7 Pemain Tidak Bisa Bermain

Awal Mula Diperingati Hari Dongeng Nasional

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Forum Dongeng Nasional menyebut perlunya perhatian lebih besar terhadap dongeng dari seluruh masyarakat Indonesia.

Sebagai sosok yang mencurahkan sebagian besar hidupnya dalam dunia hikayat, ulang tahun pak Raden dirasa cocok untuk dijadikan Hari Dongeng Nasional.

Jasa besarnya bagi perkembangan anak-anak Indonesia melalui beragam karyanya perlu diberikan apresiasi salah satunya menjadikan hari lahirnya sebagai hari nasional.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x