Menteri Keuangan Sri Mulyani Serahkan Dana Abadi Dikelola Oleh Para Budayawan

- 24 Maret 2022, 22:09 WIB
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indarwati pukul celengan simbol hadirnya dana abadi kebudayaan
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indarwati pukul celengan simbol hadirnya dana abadi kebudayaan /Instagram @smindrawati  /

PRIANGANTIMURNEWS - Kabar gembira bagi para budayawan yang berada di Indonesia. Karena Pemerintah Indonesia melalui Menteri Keuangan telah menyerahkan pengelolaan dana abadi kepada para Budayawan.

Hal tersebut ditandai oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadim Anwar Makarim dan Menteri Keuangan Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani Indarwati yang memukul celengan kendi.

Siapa yang sejak kecil gemar menabung di celengan terbuat dari tanah liat?

Baca Juga: 10 Artis yang Berhasil Nikahin Idola, di Antaranya ada Nagita Slavina dan Rafi Ahmad

Di masa kanak-kanak, termasuk saya mengenal celengan kendi dari tanah liat untuk menabung dari sisa uang jajan. Hari ini celengan kendi dipecahkan sebagai simbol.

"Hari ini meresmikan Dana Indonesiana, saya ‘de Javu’ melihat celengan kendi dipecahkan sebagai simbol hadirnya dana abadi kebudayaan.

Pembentukan dana Indonesiana ini merupakan implementasi negara dalam menjalankan instruksi Mahkamah Konstitusi sejak tahun 2007 untuk menyisihkan 20 persen APBN sebagai dana abadi di bidang pendidikan, dalam hal ini termasuk kebudayaan.

Baca Juga: Inilah 3 Alasan Zodiak Cancer dan Scorpio Menjadi Pasangan yang Serasi

Pada tahun 2019, Presiden Jokowi telah menginisiasikan pembentukan dana abadi kebudayaan dengan target alokasi minimal sebesar Rp5 T.

Dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Instagram smindrawati Kamis 24 Maret 2022 menyebut, rencana tersebut kemudian terealisasi pada tahun 2020, dan telah terkumpul sebesar Rp3 T hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @smindrawati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x