Kemenhub Pacu Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Sumbagsel Melalui Pendanaan Non-APBN

- 17 April 2022, 05:16 WIB
rapat kordinasi Kemenhub dalam Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Sumbagsel Melalui Pendanaan Non-APBN.
rapat kordinasi Kemenhub dalam Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Sumbagsel Melalui Pendanaan Non-APBN. /Kemenhub.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung upaya akselerasi konektivitas di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang terdiri dari lima provinsi yakni: Sumsel, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung, dengan membangun infrastruktur transportasi melalui skema pendanaan kreatif (creative financing) baik melalui kerja sama dengan BUMN maupun swasta.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar bertema “Meneguhkan Komitmen “DULUR KITO” dalam mengakselerasi Konektivitas Darat-Laut Antar 5 Provinsi Se-Sumbagsel untuk Nusantara- Indonesia”, yang diselenggarakan Masyarakat Profesional (Maspro) Sumbagsel, Sabtu (16/4).

Kemenhub mengatakan, sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi yang tengah dilakukan melalui skema pendanaan kreatif di Sumbagsel diantaranya yakni: Pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel, Pelabuhan Panjang di Lampung, dan Pelabuhan Ujung Jabung di Jambi.

Baca Juga: Oman Fathurahman: Indonesia Tidak Punya Utang Akomodasi Jemaah Haji ke Saudi

“Saya dan Pak Erick (Menteri BUMN) kompak untuk membangunnya tidak pakai APBN. Begitupun dengan Bu Menkeu, bahwa kita menggalakkan swasta untuk aktif membangun infrastruktur yang potensial ini. Kalau ada swasta yang sudah masuk, baru saya sampaikan ke Menteri PUPR untuk membangun akses jalannya,” ujar Kemenhub.

Selanjutnya, Menhub mengungkapkan, untuk meningkatkan konektivitas dari dan menuju Provinsi Bengkulu akan dioptimalkan melalui pembangunan tol laut yang biayanya akan lebih rendah dibandingkan membangun infrastruktur kereta api.

“Secara konsep kereta api akan menghubungkan antara Jambi ke Bengkulu. Namun kita harus realistis karena untuk membangunnya harus melalui Bukit Barisan. Oleh karenanya solusinya adalah dengan membuat tol laut,” ujar Menhub.

Baca Juga: Jadwal RCTI hari ini Minggu 17 April 2022: Ada Kartun Doraemon hingga MasterChef

Kemudian, Menhub menjelaskan, akan mengintensifkan Pelabuhan Mesuji untuk meningkatkan konektivitas logistik kearah Bangka Belitung.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Kemenhub RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x