Kemenkes-Google Cloud Platform Indonesia Kerja Sama Kembangkan Layanan Kesehatan Berbasis Teknologi

- 21 April 2022, 13:02 WIB
Ilustrasi gedung Kemenkes. Saat ini Kemenkes melakukan pelayanan berbaziz teknologi  kemenkes.go.id
Ilustrasi gedung Kemenkes. Saat ini Kemenkes melakukan pelayanan berbaziz teknologi  kemenkes.go.id /

PRIANGANTIMURNEWS - Kementerian Kesehatan bersama Google Cloud Platform (GCP) Indonesia sepakati kerja sama untuk meningkatkan sumber daya manusia kesehatan serta pengembangan layanan kesehatan berbasis teknologi di Indonesia. 21 aPRIL 2022.

Kerja sama ditandai dengan penandanatanganan Nota Kesepahaman pada Januari 2022 lalu, yang selanjutnya diserahkan pada 19 April 2022 di Auditorium Siwabessy, Kementerian Kesehatan (19/4).

Dikatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Dasa Eka Nugraha bahwa kerja sama ini merupakan awal yang baik untuk mendukung serta mempercepat transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusuf Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Sampai Lebaran Aman

''Dengan adanya kesepakatan antara Kementerian Kesehatan dan GCP Indonesia diharapkan transformasi digital kesehatan di Indonesia akan dijamin efektif dan lancar dengan semangat kolaborasi,'' ucap Sekjen.

Transformasi digital sistem kesehatan merupakan strategi pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang efektif, efisien dan merata di seluruh Indonesia. Strategi yang dikembangkan adalah fokus pada pelayanan masyarakat dengan memastikan semua layanan bisa diakses oleh masyatakat dimana pun berada.

''Strategi ini sebagai upaya Kemenkes untuk menjawab berbagai tantangan, memberikan solusi yang komprehensif, implementatif, dan terukur dalam mengembangkan layanan kesehatan yang bermutu dan berkelanjutan.'' ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Usut Tuntas Kasus Minyak Goreng

Pada kesempatan yang sama, Ruma Balasubramanian, Managing Director, Google Cloud Southeast Asia mengatakan COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap sistem kesehatan dunia termasuk Indonesia.

Selama dua tahun pandemi, konsumsi internet semakin meningkat. Di sektor kesehatan, pelayanan kesehatan banyak yang beralih menggunakan teknologi internet karena dinilai lebih cepat dan aman.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: kemenkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x