Jokowi Berharap Penguatan Kerjasama Ekonomi Sebagai Upaya Pemulihan Perekonomian Pascapandemi

- 28 Mei 2022, 10:18 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /setneg.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS - Pandemi covid 19 memporakporandakan perekonomian dunia termasuk Indonesia.

Indonesia akan terus mendukung upaya pemulihan pascapandemi COVID-19 dengan penguatan kerjasama bilateral terutama penguatan kerja sama ekonomi terutama dengan mitra-mitra strategis.

"Indonesia akan terus mendukung upaya pemulihan pascapandemi," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya secara daring pada acara The Future of Asia Conference, yang disaksikan di Jakarta, dikutip priangantimurnews.com dari Antara Sabtu 29 Mei 2022.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Liverpool Melawan Real Madrid di final Liga Champions

Misalnya, kata Jokowi, kerja sama ekonomi telah dilakukan Indonesia dengan Jepang. Indonesia dan Jepang sepakat untuk semakin menguatkan kemitraan ekonomi, serta meningkatkan perdagangan dan investasi melampaui tren sebelum pandemi.

Indonesia dan Jepang sepakat memperluas akses pasar dan mengatasi hambatan perdagangan, terutama ekspor produk pertanian dan perikanan Indonesia.

Langkah selanjutnya, Indonesia akan terus berupaya melakukan kerja sama dalam kerangka ASEAN.

Baca Juga: Profil dan Biodata Felicya Angelista, yang Juga Istri Immanuel Caesar Hito

Indonesia akan terus mendorong agar negara-negara ASEAN bersama-sama bekerja keras untuk lebih bisa menikmati rantai nilai global agar mampu menaiki tangga kemajuan.

Menurutnya, Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang telah disetujui dua tahun lalu perlu segera diimplementasikan untuk memperkuat integrasi ekonomi kawasan yang saling menguntungkan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x