Dewan Pers: Kedepankan Jurnalisme Empati

- 29 Mei 2022, 20:29 WIB
Dewan Pers
Dewan Pers /ANTARA FOTO/PRIANGANTIMURNEWS AGUS

PRIANGANTIMURNEWS- Dewan Pers mengimbau kepada seluruh insan pers dan jajaran news room dari berbagai flatporm media di tanah air untuk bekerja sesuai dengan kode etik dan melakukan pemberitaan dengan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi publik.

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra mengatakan, dalam beberapa hari ini, pers di tanah air dihebohkan dengan pemberitaan tentang hanyutnya putra sulung Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang terbawa arus sungai Aaree, Swiss.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Istri Atalia Praratya Kamil Ikut Pencarian Emmeril Khan Mumtadz di Sungai Aare Swiss

Dewan Pers sebagai lembaga yang bertugas menjalankan pengawasan pelaksanaan kode etik jurnalistik, dan memastikan pers menjalankan tugas, peran, dan fungsi dalam membuat berita yang bertanggung jawab serta berintegritas, memandang perlu mengeluarkan imbauan ini.

"Dewan Pers memahami bahwa pers bertugas mencari informasi, melakukan pemberitaan dengan baik dan benar sesuai dengan kode etik jurnalistik," katanya dalam siaran pers, Minggu (29/5).

Selain itu, media dari berbagai flatporm seyogianya tidak membuat berita yang berkaitan dengan prediksi atau ramalan terkait sebuah peristiwa tragedi kemanusiaan.

Baca Juga: Sebelum Berenang Eril Anak Sulung Ridwan Kamil Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu Sebelum Berenang

Dalam hemat Dewan Pers, seyogianya lembaga pers lebih banyak menampilkan karya jurnalistik yang berdampak positif bagi kemanusiaan, sesuai kode etik dan tidak melakukan glorfikasi yang akan membuat setiap keluarga korban tragedi kemanusiaan tertekan dan merasa bersalah.

Dewan Pers mengajak kepada seluruh jajaran redaksi di seluruh flatporm media, untuk bersama-sama mengedepankan jurnalisme empati dan tentu, tetap berpegang teguh terhadap kode etik jurnalistik.***

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x