Kemenkes Sebut ada 45.387 Kasus DBD, Tertinggi di Jawa Barat, Lampung, dan Yogyakarta

- 16 Juni 2022, 12:33 WIB
Di tahun 2022 ini, Kemenkes telah mencatat ada 40 ribu lebih kasus DBD.
Di tahun 2022 ini, Kemenkes telah mencatat ada 40 ribu lebih kasus DBD. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada 45.387 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan angka kematian mancapai 432 kasus hingga minggu ke 22 di tahun 2022 ini.

''Kasus dengue (DBD) sudah dilaporkan di 449 kabupaten/kota yang tersebar di 34 provinsi dengan kematian tersebar di 162 kabupaten/kota di 31 provinsi,'' kata dr. Tiffany Tiara Pakasi, Plt. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Kamis, 16 Juni 2022.

Menurutnya, dari 34 provinsi, temuan jumlah kasus DBD per 100 ribu tertinggi terjadi di 10 provinsi, diantaranya, Bali, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan DI Yogyakarta.

Baca Juga: RRQ Wakil Indonesia Berhasil Mengalahkan Todak dan Melangkah ke Upper Bracket MSC 2022

''Provinsi yang terbanyak melaporkan yaitu provinsi Lampung, Jawa Barat, dan DI.Yogyakarta,'' ujarnya.

Dirinya mengatakan, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sudah melakukan upaya pencegahan dan pengendalian DBD teruma di wilayah-wilayah endemik guna mengatasi penyebaran DBD.

Kemenkes juga mendorong masyarakat agar aktif melakukan upaya preventif melalui gerakan 1 rumah 1 jumantik (G1R1J), dimana kasus DBD biasanya naik ketika musim hujan.

Baca Juga: Pindahnya Kekuasaan Presiden Soekarno ke Tangan Sutan Sjahrir

Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan, khususnya anggota keluarga untuk melakukan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus di lingkungan rumah, tempat tempat umum dan tempat tempat institusi untuk mencapai Angka Bebas Jentik 95 persen.***

Editor: Galih R

Sumber: Kemenkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x