Info Terbaru! Status Gunung Raung Waspada, Masyarakat dan Wisatawan Dilarang Dekati Kawah Radius 3 KM

- 30 Juli 2022, 14:31 WIB
Potret Gunung Raung sedang mengalami peningkatan aktivitas./Instagram/@gtvindonesia_news/
Potret Gunung Raung sedang mengalami peningkatan aktivitas./Instagram/@gtvindonesia_news/ /

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Geologi telah melaporkan terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Raung yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur dari yang awalnya level 1 normal menjadi level II waspada.

Hal ini diputuskan dengan hasil dari pantauan dan analilis kegempaan seta belum stabilnya kondisi kawah.

Dengan hasil ini tentu cukup membahayakan kepada para wisatawan dan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Persib Rotasi 4 Pemain! Inilah Line Up Persib Bandung vs Madura United Liga 1 2022 Pekan Kedua

Dikutip dari laman instagram gtvindonesia_news, Kepala Badan Geologi mengatakan, “Gunung Raung maka terhitung 29 Juli 2022 pukul 08.00 WIB tingkat aktivitas Gunung Raung telah dinaikan dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Status kegiatan Gunung Raung akan dinaikan atau diturunkan jika terjadi peningkatan atau penurunan aktivitas," ungkap Eko Budi Lelono dalam keterangan resminya di hari Jumat tanggal 29 Juli 2022.

Badan Geologi memastikan saat ini telah dilakukan pemantauan secara intensif untuk mengevaluasi aktifitas dari Gunung Raung dan telah dikoordinasikan kepada pemerintah daerah setempat dan tidak lupa juga kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Menurut Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono bahwa Gunung Api Raung muncul di lereng sebelah barat kompleks Kawah Ijen. Dengan tinggi puncaknya 3332 m dari permukaan laut.

Baca Juga: KASUS SUBANG: PARAH! Ternyata Pihak Keluarga Terlibat dan Berusaha Menghalangi Polda Jabar dalam Penyidikan!?

Sementara itu kawah Gunung Raung sendiri terletak di bagian dasar kalderanya dan sampai hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 masih menunjukkan aktivitasnya dengan ditandai hembusan solfatara atau fumarola.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Instagram @gtvindonesia_news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x