Air Terjun Bantimurung Meluap, 14 Kecamatan di Maros Sulsel Diterjang Banjir, Warga Minta Dievakuasi 

- 24 Desember 2022, 19:13 WIB
Potret air terju bantimurung meluap
Potret air terju bantimurung meluap /Tangkapan layar banjir di Maros Sulawesi Selatan./Instagram/@net2netnews//

 

 
PRIANGANTIMURNEWS - Pada Sabtu 24 Desember 2022, air terjun Bantimurung meluap. Akibatnya sejumlah wilayah di Kabupaten Maros dilaporkan terendam banjir. 
 
Selain itu akibat meluapnya air terjun Bantimurung, dikabarkan Bendung Leko Pancing yang ada di Kabupaten Maros berara pada status siaga.
 
Dilansir dari Instagram @net2metnews, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) melaporkan sebanyak 14 kecamatan di wilayahnya diterjang banjir. Sejumlah warga meminta untuk dievakuasi ke tempat aman.
 
"Untuk sekarang ini hampir semua masuk dalam kondisi banjir di 14 kecamatan. Untuk di Camba debit air sudah cukup tinggi sampai paha orang dewasa," kata Kepala BPBD Maros, Fadli.
 
Banjir yang terjadi di Kelurahan Cempaniga, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros pada dengan lokasi banjir yang terdampak di sebelah kiri jalan poros Bone-Maros sudah menyebabkan rumah warga terendam.
 
Fadli juga mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan di lapangan. Tim juga fokus melakukan evakuasi di Kecamatan Bantimurung, Turikale, dan Maros Baru.
 
"Kalau untuk berapa jumlah rumah di Camba kita belum bisa pastikan, karena masih pendataan. Karena banyak warga minta bantuan untuk dievakuasi. Ada santri terjebak di Pakere, sementara jalur ke sana terputus," sebutnya.
 
Sejumlah relawan juga dilibatkan untuk penanganan banjir di 14 kecamatan tersebut. Mereka akan memantau lokasi dan segera mengevakuasi warga yang meminta bantuan.
 
"Saya minta sama relawan untuk bisa membantu. Semua wilayah banjir di Maros," tegas Fadli.
 
Sementara Sopir Bone-Makassar Ardiansyah mengaku tertahan di Camba karena debit air yang tinggi. Dirinya tidak berani menembus banjir.
 
"Tinggal ka' di Camba, tidak bisa lolos mobilku. Kemungkinan saya putar balik ke Bone lagi," keluhnya.***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Instagram @net2netnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x