Gelombang Laut Setinggi 4 meter, Ancam Beberapa Wilayah di Indonesia

- 20 Februari 2023, 06:00 WIB
Masyarakat nelayan diminta wapada gelombang laut setinggi empat meter ancam beberapa wilayah perairan di Indonesia mulai tanggal 19
Masyarakat nelayan diminta wapada gelombang laut setinggi empat meter ancam beberapa wilayah perairan di Indonesia mulai tanggal 19 /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Gelombang laut setinggi empat meter ancam beberapa wilayah perairan di Indonesia mulai tanggal 19 hingga 20 Februari 2023.

Laporan tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo.

Eko melaporkan pada hari Minggu, 19 Februari 2023 bahwa peringatan tersebut, BMKG keluarkan sebuah imbauan pada masyarakat pesisir pantai terhitung 19 hingga 20 Februari 2023.

Baca Juga: Erick Thohir:  Sudah Waktunya Mafia Bola Diberi Kartu Merah!

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan yang berpotensi terjadi pada 19 sampai 20 Februari 2023," ungkap Eko.

Angin yang ada di wilayah Indonesia bagian Utara lebih dominan bergerak dari arah barat laut menuju timur laut, memiliki kecepatan 5 hingga 20 Knot.

Sementara di wilayah Indonesia bagian Selatan bergerak dari arah barat daya menuju barat laut, dan memiliki kecepatan antara 5 hingga 25 knot.

Baca Juga: Helikopter Milik Polri Berpenumpang 8 Orang Mendarat Darurat Kapolda Jambi dan Direskrimsus Terluka

Kondisi tersebutlah yang pada akhirnya menyebabkan potensi ancaman gelombang laut tinggi yang mencapai 2,5 meter hingga 4,0 meter

Di antaranya wilayah perairan Indonesia yang mengalami kondisi tersebut adalah perairan selatan Jawa Timur, dan Samudra Hindia sebelah selatan Jawa Barat hingga Nusa Tenggara Barat, 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x