BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Waspada Potensi Gelombang Tinggi Hingga Empat Meter

- 9 Januari 2023, 11:56 WIB
Ilustrasi. Gelombang tinggi di pesisir hingga empat meter./Pexels./
Ilustrasi. Gelombang tinggi di pesisir hingga empat meter./Pexels./ /

PRIANGANTIMURNEWS - Senin, 9 Januari 2023 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di pesisir untuk selalu waspada akan potensi gelombang tinggi hingga empat meter di wilayah perairan Indonesia.

Dikutip priangantimurnews dari ANTARA, "Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada", kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim (BMKG) Eko Prasetyo di Jakarta.

Eko mengatakan bahwa gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi pada tanggal 9-10 Januari 2023. Dipicu pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Daya ke Barat Laut, dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Baca Juga: Bermaksud Pergi Wisata, Mobil Starlet yang Ditumpangi Terbakar Hebat

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kondisi tersebut, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di beberapa pesisir atau perairan. Selain itu, untuk gelombang di kisaran lebih tinggi yaitu 2,5-4 meter berpeluang juga terjadi di beberapa perairan wilayah Indonesia.

Untuk gelombang setinggi 1,25-2,5 meter, terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P.Simeulue- Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh Kep- Mentawai, Selat Sumba dan perairan lainnya sampai Samudra Pasifik Utara Papua Barat-Papua, dan Laut Arafuru.

Dan untuk gelombang kisaran lebih tinggi yaitu 2,5-4 meter, berpeluang terjadi di perairan Enggano-barat Lampung, Samudra Hindia Barat Bengkulu-Lampung dan perairan lainnya sampai Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan.

Baca Juga: Viral Pemerkosa Anak di Lahat Divonis 10 Bulan Penjara, Hotman Paris Singgung Kejari Lahat dan Kejati Sulsel

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x