Musim Pancaroba akan Segera Hadir, BMKG Imbau Potensi Puting Beliung dan Petir Menigkat

- 21 Februari 2023, 09:21 WIB
 ilustrasi petir menyambar di musim pancaroba
ilustrasi petir menyambar di musim pancaroba /

 

PRIANGANTIMURNEWS - Musim pancaroba akan segera hadi di Indonesia, disamping itu BMKG imbau Masyarakat terkait potensi angin puting beliung dan petir meningkat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan setidaknya kondisi tersebut akan terjadi saat pertengahan atau akhir Meret 2023.

Kondisi tersebut BMKG ungkapkan perkiraan tersebut terlihat dari transisi angin di wilayah laut selatan Jawa Barat (Jabar) higga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Eintracht Frankfurt vs Napoli di Liga Champions: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Dimana angin barat yang membawa suhu dingin denga angin timur yang membawa suhu panas tengah mengalami transisi atau perpindahan dan perubahan siklus.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Teguh Wardoyo, Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, pada Selasa, 21 Februari 2023.

"Kalau dilihat dari kondisi angin, saat ini masih dominan angin barat dan masih ada sistem tekanan rendah di sekitar timur laut Australia," ujar Teguh

Walau demikian, dalam pengamatan tim BMKG dirinya menyampaikan bahwa belahan bumi di bagian utara Indonesia yaitu Filipina telah memasuki tekanan rendah.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x