TNI Nyatakan Perang pada Mafia Perdagangan Orang dan Kegiatan Ilegal Antar Negara

- 18 Agustus 2023, 08:00 WIB
Sejumlah petugas TNI meneriksa bus yang mengangkut  Pekerja Migran Indonesia
Sejumlah petugas TNI meneriksa bus yang mengangkut Pekerja Migran Indonesia /Kapuspen/

PRIANGANTIMURNEWS -   TNI berkomitmen menyatakan perang terhadap segala macam Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan kegiatan ilegal yang melewati tapal batas negara baik darat maupun laut.

Terkait dengan itu, selama bulan Juli 2023, TNI telah menggagalkan sejumlah TPPO, penyelundupan, Ilegal entry/exit dan kegiatan ilegal lainnya melalui wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Demikian disampaikan Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/8/2023).

Baca Juga: Pengiriman 123 PMI ilegal ke Malaysia Digagalkan Satgas TPPO Polri

 
Laksda Julius menjelaskan bahwa aparat keamanan (Satgas TNI) telah menggagalkan keberangkatan seseorang yang teridentifikasi korban TPPO yang hendak menuju Malaysia pada  12 Juli 2023 di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan Kalimantan Utara.

Oleh pihak keamanan, korban TPPO itu kemudian diserahkan ke Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Nunukan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pada hari yang sama (12 Juli 2023) di tempat berbeda yakni di Kabupaten Nunukan di jalur perlintasan tidak resmi di Dusun Bulan-bulan, Kec. Lumbis, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara, aparat TNI juga menggagalkan penyeludupan 30 (tiga puluh) kardus daging olahan merk Alana asal Malaysia.

 

Baca Juga: Pengiriman PMI ilegal ke Malaysia Berhasil Digagalkan Polairud , Tiga Pelaku Ditangkap

"Temuan barang bukti berupa daging olahan telah diserahkan ke Polres Lumbis dan dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar," ungkap Laksda Julius.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: kapuspen tni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x