10 Suku Mayoritas dari 1340 Suku Bangsa Indonesia, yang Terbesar ada di Pulau Jawa

- 18 Agustus 2023, 07:00 WIB
    Tari Kuda Lumping - Suku Jawa merupakan suku mayoritas di Indonesia yang mencapai 40,22 persen populasi Indonesia
Tari Kuda Lumping - Suku Jawa merupakan suku mayoritas di Indonesia yang mencapai 40,22 persen populasi Indonesia /freepik/
PRIANGANTIMURNEWS - Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan keanekaragaman dari suku, budaya, dan bahasa karena merupakan negara kepulauan.

Dari sebanyak lima pulau utama, dengan 38 Provinsi di dalamnya. Terdapat sekitar 1340 suku bangsa Indonesia yang mendominasi masing-masing pulau utama.

Diantara 1340 suku bangsa tersebut terdapat 10 suku mayoritas di Indonesia. Dimana Pulau Jawa adalah yang dominasi populasi terbanyak di Indonesia saat ini.
 
Baca Juga: Viral! Suku Bajo Ternyata Kaum Avatar The Way of Water James Cameron: Mereka Orang-orang Laut di Indonesia

Satu dari suku mayoritas Indonesia mencakup hampir setengah populasi di Indonesia saat ini.

Dalam laporan Sensus Penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Suku Jawa adalah yang paling mendominasi di Indonesia.

1. Suku Jawa

Hampir 40,22 persen penduduk di Indonesia mayoritas berasal dari Suku Jawa. Sebanyak 95.217.022 jiwa adalah Suku jawa yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia.

Namun mayoritas suku gabungan dari Suku Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, Nagaring dan beberapa suku lainnya itu mayoritas berada di Jawa Tengah, Jawa TImur, dan Yogyakarta.
 
Baca Juga: Anda Ingin ke Kalimantan? Anda Harus Tahu Dulu 8 Larangan Adat dan Etika Suku Dayak! Terbukti!!!

2. Suku Sunda

Sementara Suku Sunda yang dikenal halus berada di posisi kedua dengan total populasi 36.701.670 dengan persentase 15,5 persen dari total penduduk Indonesia.

Meski Suku tersebut tersebar, namun rata-rata mendominasi wilayah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

3. Suku Batak

Suku Batak menempati urutan populasi suku Indonesia ketiga terbanyak dengan persentase 3,58 persen dengan total 8.446.969 jiwa.

Suku Batak memiliki kaitan erat dengan sejarah ras suku Proto Melayu yang mendominasi Sumatera Utara.

4. Suku di Sulawesi

Selanjutnya yang menempati urutan keempat adalah suku gabungan di Sulawesi yang mencapai 7.634262 jiwa atau sekitar 3,22 persen penduduk Indonesia.

Suku tersebut mendominasi Pulau Sulawesi dan merupakan gabungan dari Suku Bugis, Mandar, Toraja, Makassar, Buton, Minahasa, Talud dan Balaesang.

5. Suku Madura

Suku Madura adalah penguasa populasi utama di Pulau Madura. Perkembangan suku tersebut juga menyebar ke seluruh pulau Jawa dan sekitarnya.
 
Baca Juga: Danrem 174 Merauke Sambut Kedatangan Pangdam VI Mulawarman Dengan Tarian Adat Suku Marind

Jawa Timur juga menjadi wilayah dominasi perkembangan Suku Madura. Setidaknya populasinya mencapai 7.179.356 jiwa atau 3,03 persen.

6. Suku Betawi

Suku Betawi adalah suku Ibukota Indonesia, Jakarta yang populasinya mencapai 2,88 persen atau 6.807.968 dari total penduduk Indonesia.

Suku tersebut dikenal sebagai Si Jago Kandang, karena mendominasi tanah kelahirannya dan sangat jarang tersebar di wilayah Indonesia.

7. Suku Minangkabau

Selanjutnya adalah suku yang berasal dari Sumatera Barat yang dikenal dengan logat dan makanannya. Yakni Suku Minangkabau yang mencapai 2,73 persen atau 6.462.713 populasi Indonesia.

Banyak diantara pemuda suku tersebut memilih untuk merantau, tidak sedikit perkembangannya juga melesat di luar Provinsi Sumatera Barat.

8. Suku Bugis

Suku tersebut merupakan yang berasal dari Sulawesi Selatan dan juga menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. SUku Bugis memiliki populasi 2,69 persen atau 6.359.700 dari penduduk Indonesia.

9. Suku Melayu

Indonesia juga memiliki Suku Melayu yang memiliki total populasi sebanyak 5.365.399 jiwa atau 2,27 persen.

Suku Melayu sendiri adalah Suku Yunan dari China yang kemudian hijrah ke Asia Tenggara.

10. Suku di Sumatera Selatan

Sementara posisi terakhir adalah Suku asli di Sumatera Selatan mencapai 5.199.581 jiwa atau 2,16 populasi Indonesia.***

Editor: Muh Romli

Sumber: bps.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x