Kasus Kawin Culik Ditangani Disoal, Enam Orang Diperiksa Polres Sumba Barat Daya

- 9 September 2023, 15:35 WIB
 Penyidik Reskrim Polres Sumba Barat Daya Polda Nusa Tenggara Timur sedang melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang pelaku terkait kasus praktik "kawin culik" atau kawin tangkap yang dialami DM (20). (ANTARA/HO-Humas Polres Sumba Barat Daya)
Penyidik Reskrim Polres Sumba Barat Daya Polda Nusa Tenggara Timur sedang melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang pelaku terkait kasus praktik "kawin culik" atau kawin tangkap yang dialami DM (20). (ANTARA/HO-Humas Polres Sumba Barat Daya) /

PRIANGAN TIMUR NEWS - Budaya kawin culik hingga kini masih dilakukan di Sumba Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun budaya tersebut kini sudah banyak yang memprotes karena mengandung unsur kekerasan dan eksploitasi pada perempuan.


Kapolres Sumba Barat Daya AKBP Sigit Harimbawan melalui Kasat Reskrim Polres Sumba Barat Daya Iptu Rio Rinaldy Panggabean kini
melakukan pemeriksaan terhadap enam orang saksi dalam kasus praktik "kawin culik" atau kawin tangkap dialami DM (20) yang diduga mengandung unsur kekerasan dan eksploitasi terhadap perempuan.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kucing Berisik Saat Kawin, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

"Kami telah meminta keterangan dari enam saksi yang mengetahui adanya kasus 'kawin culik' atau kawin paksa yang dialami DM sebagai korban dalam peristiwa itu," kata Kasat Reskrim Polres Sumba Barat Daya Iptu Rio Rinaldy Panggabean Sabtu 9 September 2023.

Enam orang saksi yang dimintai keterangan oleh penyidik yaitu DM sebagai korban, ibu korban serta empat orang terduga sebagai pelaku termasuk sopir kendaraan pick up yang digunakan terduga pelaku untuk mengangkut korban saat peristiwa terjadi.

Menurut dia, kasus "kawin culik" atau kawin tangkap yang terjadi merupakan budaya yang dilakukan di Pulau Sumba namun tentu bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku.

"Kepolisian hanya membidik indikasi dugaan terjadinya penculikan," kata Kasat Reskrim Iptu Rio Rinaldy Panggabean.

Baca Juga: 23 WNI Korban Konflik Perang Saudara di Sudan, Telah Tiba di NTB

Sesuai keterangan para saksi yang dimintai keterangan Kepolisian bahwa sebelumnya terjadi pembicaraan adat yang dilakukan pihak keluarga wanita dengan keluarga laki-laki.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x