Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Kepulauan Talaud Sulawesi Utara, BMKG Sebut Tidak Berpotensi Tsunami

- 16 September 2023, 18:41 WIB
Tangkapan layar - Peta pusat gempa M5,0 di wilayah Pantai Barat Daya Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu 16 September 2023. (ANTARA/HO-BMKG)
Tangkapan layar - Peta pusat gempa M5,0 di wilayah Pantai Barat Daya Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu 16 September 2023. (ANTARA/HO-BMKG) /

PRIANGANTIMURNEWS - Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah pantai barat daya Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menyampaikan gempa di wilayah pantai barat daya Kepulauan Talaud Sulewsi Utara tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Sabtu 16 September 2023.

Baca Juga: Pasang Bendera Setengah Tiang, Maroko Nyatakan Tiga Hari Berkabung bagi Korban Gempa

Daryono menjelaskan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,91 lintang utara dan 126,51 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 21 km arah barat daya Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 49 km.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Laut Maluku," katanya.

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Baca Juga: Update! Korban Tewas Gempa Maroko Tembus 2.000 Orang Lebih

Ia menambahkan hingga pukul 17.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Ia mengemukakan gempa yang terjadi pada pukul 17.04 WIB itu berdampak dan dirasakan di daerah Talaud dengan skala intensitas IV MMI (modified mercally intensity), artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x