Ini Penyebab Museum Nasional di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat Terbakar

- 17 September 2023, 20:44 WIB
 Polisi berjaga saat petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api ketika terjadi kebakaran di Museum Nasional di Jakarta, Sabtu 16 September 2023./ ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Polisi berjaga saat petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api ketika terjadi kebakaran di Museum Nasional di Jakarta, Sabtu 16 September 2023./ ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah /

PRIANGANTIMURNEWS -Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, hangus terbakar.

Dari hasil penyelidikan penyebab musim Nasional diduga akibat dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan ( Gulkarmat) Asril Rizal mengatakan korsleting listrik tersebut menjadi pemicu kebakaran Museum Nasional, tepatnya di Gedung Blok A yang menjadi ruang pameran koleksi museum.

Baca Juga: Polisi Periksa 14 Orang Saksi, Selidiki Penyebab Kebakaran Museum Nasional

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu 16 September 2023.

Kronologi kebakaran musemum Nasional atau museum gajah menurut laporan Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel.

Tidak lama kemudian sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional.

Alarm gedung pun berbunyi dan saat dilihat, api sudah membesar.

Baca Juga: Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat Terbakar

Untuk menangani kebakaran, Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat menambah personel dari awalnya 32 petugas menjadi 52 petugas untuk memadamkan kebakaran di Museum Nasional, tepatnya di gedung A.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x