PVMBG Kembali Catat Geliat Letusan Gunung Anak Krakatau, Kini Duduki Level III Siaga

- 27 November 2023, 15:40 WIB
Gambar Gunung Anak Krakatau di Lampung Selatan, Lampung.
Gambar Gunung Anak Krakatau di Lampung Selatan, Lampung. /ANTARA/Ambon/

PRIANGANTIMURNEWS - Dalam serangkaian peristiwa alam, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan tajam merekam geliat letusan yang memancarkan abu vulkanik setinggi 450 meter, menjulang anggun dari puncak megah Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung.

Yang berjaga di Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, yang terletak di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, seorang bernama, Andi Suardi, mengisahkan bahwa peristiwa dahsyat terjadi pada hari Minggu, 26 November 2023, ketika jam menunjukkan pukul 12:28 WIB.

Dalam kejadian yang terpatri dalam ingatannya, Gunung Anak Krakatau mengeluarkan semburan energi pada hari yang penuh makna, dan tengah meniti langit.

Baca Juga: 18 Unit Mobil Damkar Lenyapkan Si jago Merah di Duren Sawit, Diduga Akibat Arus Pendek Listrik

Saat itu Andi dengan kepala tegak menuturkan, bahwa kolom letusan menjulang tegak, menampilkan dirinya sekitar 450 meter di atas puncak yang menjulang tingginya 607 meter di atas permukaan laut.

Penceritaan warna alam, abu yang meloncatkan diri terhampar dalam keindahan putih hingga kelabu, membentuk pemandangan yang mendalam.

Intensitasnya menggugah, dari yang sekedar sedang hingga menyusup tebal, mengarah ke tanah timur laut dengan anggunnya.

Baca Juga: Apresiasi Kemenag Terhadap Langkah Pemkot Bitung Dalam Tangani Konflik

Kemudian Andi melanjutkan dengan penuh penghayatan, bahwa tercatat pada seismograf, erupsi mengukir dirinya dengan amplitudo maksimum mencapai 50 mm dan durasi mencapai waktu selama 32 detik.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x