Kesenangan Warna Abadi Mengungkap Rahasia Proses Eksklusif Pembatik Bali Untuk Batik Tahan Lama

- 26 November 2023, 13:19 WIB
Seorang pembatik menyelupkan kain batik pada lem di FIVE ART STUDIO UBUD di kawasan Keliki, Tegallalang, Gianyar/ANTARA/Lia Wanadriani Santosa//
Seorang pembatik menyelupkan kain batik pada lem di FIVE ART STUDIO UBUD di kawasan Keliki, Tegallalang, Gianyar/ANTARA/Lia Wanadriani Santosa// /

PRIANGANTIMURNEWS - Namanya I Wayan Bagus Pujana, seorang maestro pembatik asal Bali, membagikan rahasia keunggulan batiknya yang tahan lama. Melalui proses eksklusifnya, batik tidak hanya menjadi karya seni, tetapi juga memberikan manfaat penting yang membuatnya tetap menarik setelah dicuci.

Pujana mengungkapkan, proses khusus menyelupkan batik pada lem setelah pewarnaan selesai adalah kunci utama.

Itu membuatnya lengket dan setelah dicuci dengan air panas, warnanya tidak akan luntur.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jaket yang Bisa Jadi Pilihan Saat Musim Hujan

Pengalaman ini dibagikannya saat bersama tamu yang mengikuti perjalanan menarik di kawasan Keliki, Tegallalang, Gianyar , melalui fasilitas Airbnb pada Sabtu 25 November 2023.

Tentunya, dalam menghasilkan batik yang tahan lama, pemilihan warna juga memiliki peran penting.

Menanggapi pertanyaan tentang warna yang luntur, Pujana menyatakan, Semua tergantung pada cara mencampur warna. Jangan terlalu gelap atau terang saat mencampurnya, agar warnanya tetap kokoh dan tidak luntur.

Baca Juga: Hadawiah: Pemerintah Harus Berikan Perhatian Khusus Terhadap Guru, Terkhusus Guru di Pedalaman dan Pesisir

Dalam upaya menjaga keindahan warna batik, Pujana merekomendasikan mencuci dengan tangan tanpa deterjen khusus. Proses perawatan ini akan memastikan warna tetap prima dan kain batik tetap awet.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x