Dilematik Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat

- 18 Januari 2024, 09:47 WIB
Ilustrasi para tokoh agama yang seharusnya menjadi pilar pembinaan akhlak di masyarakat./raja opera
Ilustrasi para tokoh agama yang seharusnya menjadi pilar pembinaan akhlak di masyarakat./raja opera /

PRIANGANTIMURNEWS - Indonesia adalah negara dengan penduduknya mayoritas beragama Islam. Dalam Islam akhlak mendapat perhatian yang istimewa.

Akhlak sendiri mempunyai pengertian budi pekerti,sopan santun,etika dan integritas moral dan berbagai kata yang terkait dengan berbagai perilaku baik manusia.

Orang yang memegang benar hakikat agama akan tercermin dari akhlaknya.Jika akhlaknya mulia maka kualitas keagamaannya juga semakin berkualitas, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Beberapa Pesan Moral Yang Bisa Di Petik dari Film KKN Desa Penari

Di dalam masyarakat Indonesia pondasi akhlak harus benar-benar kuat. Apalagi saat ini persoalan bangsa semakin menjadi-jadi.Krisis akhlak semakin mengarah ke situasi darurat.

Untuk memperkuat akhlak masyarakat tersebut,peran dari tokoh agama tentu sangat diperlukan. Di zaman globalisasi dan serba digital ini, agama masih diyakini sebagai 'penyelamat' bagi makin terpuruknya akhlak.

Agama mempunyai peranan penting dan strategis utamanya sebagai landasan spiritual,moral dan etika dalam hidup dan kehidupan manusia.

Baca Juga: Saksikan Film 'Kadet 1947' di Bioskop, Film yang Syarat dengan Pesan Moral bagi Generasi Muda

Agama sebagai nilai harus dipahami dan dihayati serta diamalkan dalam tatanan setiap kehidupan individu,keluarga dan masyarakat.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: IAIN Metro Lampung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x