Hakteknas 2021, Permikomnas Ajak Anak Bangsa Untuk Dijadikan Bahan Refleksi

- 10 Agustus 2021, 15:38 WIB
Dewan Penasehat Organisasi Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS), Dadan Permana Ardiansyah
Dewan Penasehat Organisasi Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS), Dadan Permana Ardiansyah /PRIATIM PRMN/EDI MULYANA/

PRIANGANGIMURNEWS- Setiap tanggal 10 Agustus, Indonesia selalu memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Di hari Kebangkitan Teknologi Nasional tahun ini, Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS) memberikan sebuah refleksi pada perkembangan teknologi di Indonesia terlabih korelasinya pada Revolusi Industri 4.0.

Dewan Penasehat Organisasi PERMIKOMNAS, Dadan Permana Ardiansyah mengatakan, di mana pada tanggal 10 Agustus 1995 putra terbaik  bangsa (BJ Habibie) meluncurkan karya nya yaitu sebuah pesawat N-250 Gatot Kaca.

"Hasil karya anak bangsa tersebut menjadikan Indonesia telah berhasil menumbuhkan inovasi dan mengembang iptek nasional. hal ini membuktikan betapa penting nya menanamkan perhatian, minat dan kesadaran bangsa ini dalam pengembangan iptek dan pembangunan nasional yang berkesinambungan," ucap Dadan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Naskah Proklamsi Klad dan Otentik

Selain daripada itu, Dadan menjelaskan, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional sudah diperingati sejak 26 tahun lalu sesuai dengan keputusan Peraturan Presiden Nomor 71 tahun 1995.

"Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini sudah menjadi keputusan mutlak berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 71 tahun 1995. Yang dimana ini menjadi tujuan menghargai keberhasilan anak terbaik  bangsa dalam memanfaatkan, mengusai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta untuk memberi dorongan kepada mereka untuk terus menerus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban bangsa Indonesia," tutur Dadan.

Sekarang, lanjutnya, kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa memberikan inovasi dan kreasi untuk kemajuan bangsa ini. Karena hari ini, teknologi sangat berkembang pesat yang dimana revolusi industri 4.0 berbicara teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem siber-fisik, internet of things (IoT), cloud computing, dan cognitive computing.

Baca Juga: Tak Diizinkan Pulang, TKW Asal Indonesia Gorok Nenek Majikannya di Yilan Taiwan

"Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup," katanya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x