Prakiraan Cuaca di  Wilayah Jawa Barat Satu Minggu ke Depan

- 31 Januari 2022, 06:24 WIB
Perkiraan Cuaca BMKG  wilayah Jawa Barat untuk 1 minggu ke depan
Perkiraan Cuaca BMKG wilayah Jawa Barat untuk 1 minggu ke depan /Pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS - Bagi anda yang akan bepergian di wilayah Jawa Barat, harus memperhatikan cuaca daerah yang akan dituju.
 
Badan Meterologi Kalimatologi dan Geofisika telah melakukan analisa cuaca selama seminggu ke depan.
 
Berikut ini prakiraan cuaca dari BMKG Jawa Barat untuk cuaca mingguan dan satu minggu kedepan di wilayah Provinsi Jawa Barat.
 
1. Analisis cuaca satu minggu kedepan 24 – 30 Januari 2022 secara umum keadaan dinamika atmosfer wilayah Jawa Barat untuk seminggu ke depan diprakirakan masing dipengaruhi oleh fenomena La-Nina.
 
 
Kondisi global masih menunjukkan nilai yang signifikan seperti SOI (7.5) dan NINO 3.4 (-0.79) menunjukan suplai uap air ke wilayah Indonesia masih tinggi. 
 
Potensi penambahan massa udara juga masih cukup tinggi yakni dari masih hangatnya SST di sekitar perairan Jawa Barat serta masih terdapatnya pola konvergensi dan atau konfluensi di sekitar wilayah Jawa Barat.
 
Potensi labilitas skala lokal juga masih mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Jawa Barat.
 
 
Hasil analisis minggu lalu, hujan di wilayah Jawa Barat banyak terjadi di Jawa Barat bagian selatan dan bagian timur. 
 
Cuaca ekstrem hujan es disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di Kab Bogor dan Kab Tasikmalaya pada tanggal 24 Januari 2022, serta Kota Tasikmalaya pada 25 Januari 2022. 
 
Selain itu, hujan disertai angin kencang juga terjadi di Kota Banjar dan Kab Ciamis pada 25 Januari 2022. 
 
Data terakhir, cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang terjadi pada tanggal 29 Janauri 2022 di Kota Banjar, Kab Tasikmalaya, dan Kab Bandung.
 
 
2. Prediksi Cuaca Satu Minggu Kedepan 31 Januari – 6 Februari 2022.
 
"Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer saat ini yakni masih dipengaruhi oleh kondisi La Nina."dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari grup WhastApp BPBD Kota Tasikmalaya Senin  31 Januari 2022.
 
Indeks Nino 3.4 saat ini berada pada indeks -0.73, dengan nilai normal ± 0.5 dan seruakan dingin 12.9 normal < +10, mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan pada curah hujan di wilayah Indonesia termasuk Jawa Barat. 
 
 
Terdapat pola belokan angin di wilayah Jawa Barat serta labilitas atmosfer yang mendukung terbentuknya pementukan awan konvektif di wilayah Jawa Barat yang mendukung pembentukan sel awan konvektif.
 
Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan lokal tersebut maka prospek cuaca ekstrim wilayah Jawa Barat untuk 7 hari kedepan : 
 
Hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di semua Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Barat. 
 
 
3. Rekomendasi
 
A. Kejadian curah hujan dengan intensitas sangat lebat – ekstrem disertai kilat petir dan angin kencang masih berpotensi tinggi di seluruh wilayah Jawa Barat sampai Maret 2022, khususnya bagian selatan, tengah 
dan utara wilayah Jawa Barat.
 
Pada bulan Januari 2022 dan Februari 2022, yaitu wilayah yang diprediksi akan berada pada puncak musim hujan 2021/2022. 
 
B. Kepada masyarakat dan instansi agar tetap waspada terhadap masih tingginya potensi kejadian cuaca ekstrim berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang 
pada sore hari, terutama setelah terjadinya pemanasan yang kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, 
 
Ditandai dengan tumbuhnya awan yang berwarna gelap, dan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya awan jenis Cumulonimbus.
 
C. Untuk daerah bertopografi curam/bergunung atau rawan longsor agar lebih waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut, 
serta pada daerah dataran rendah dan dekat aliran sungai, agar mewaspadai potensi genangan/banjir.
 
D. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, dapat langsung mengakses: 
 
1.Website
 
2.Follow twitter @infobmkg; 
 
3. Aplikasi iOS dan android "Info BMKG:
 
4. langsung menghubungi FoD Stasiun Klimatologi Bogor di nomor whatsapp: +62 818-0794-6210.***
 

Editor: Muh Romli

Sumber: BPBD Kota Tasikmalaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah