Monyet Ekor Panjang di Situs Astana Gede Ciamis Makin Banyak, Mengusik Kalong dan Pengunjung

- 11 Februari 2022, 06:44 WIB
Monyet ekor panjang di Situs Astana Gede Ciamis  sedang bertegger di atas mobil pengunjung. Keberadaannya juga mengusik hewan Kalong sebagai  satwa asli tempat tersebut
Monyet ekor panjang di Situs Astana Gede Ciamis sedang bertegger di atas mobil pengunjung. Keberadaannya juga mengusik hewan Kalong sebagai satwa asli tempat tersebut /Nurhandoko Wiyoso/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Populasi monyet ekor panjang di kawasan Situs Astana Gede di Dusun Indrayasa, Desa/Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, makin bertambah banyak. Kondisi itu mengusik Kalong satwa asli tempat tersebut.

Saat ini monyet ekor panjang tersebut jumlahnya sudah mencapai belasan ekor. Padahal sebelumnya hanya 3 ekor. Sementara hewan Kalong semakin berkurang.

Penyebabnya karena makin banyak minyet ekor panjang di kawasan Astana gede tersebut. Sehingga populasi Kalong makin tersingkir.

Baca Juga: Bae Suzy Akan Kembali Sebagai Penyanyi Dengan Single Terbaru

Pantauan di Situs Astana Gede yang merupakan makam turunan atau trah raja-raja Galuh, Kamis 10 Februari 2022 beberapa ekor monyet tidak hanya bergelantungan di pohon, tetapi berkeliaran di tempat parkir. Tidak hanya yang bertubuh besar, monyet yang masih kecil juga sesekali turun dari pepohonan.

Koloni hewan primata lebih banyak berkumpul di dekat tembok keliling kompleks Astana Gede. Sedangkan kalong lebih banyak berada di pohon besar yang ada di bagian belakang. Terlihat sesekali satwa nokturnal (aktif di malam hari) itu terbang di atas pepohonan.

“Keberadaan monyet ini menganggu satwa asli Astana Gede, kalong. Dulu kalelawar ukuran besar sangat banyak, tetapi sejak ada monyet populasinya berkurang. Sebaliknya monyet awalnya tidak lebih dari tiga ekor, sekarang sudah belasan,” kata Ega, seorang tokoh Kawali kepada kontributor “PR” Nurhandoko Wiyoso seperti dikutip priangantimurnews.com Jumat 11 Februari 2022.

Baca Juga: Potong Tumpeng di HPN 2022, Bupati Jeje: Peran Wartawan Sangat Membantu Pemerintah

Keberadaan monyet yang ada di komples situs sejarah, diduga karena ada warga yang membuang di tempat tersebut.

Hal itu sangat dimungkinkan, karena lokasi Astana Gede banyak pohon besar dan rimbun. Tidak jauh daru kebun serta permukiman.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah