Bendungan Leuwi Keris di Ciamis Jebol, Dampak Meluapnya Sungai Cintaduy

- 13 September 2022, 21:25 WIB
Kondisi Bendungan Leuwikeris  di Ciamis jebol
Kondisi Bendungan Leuwikeris  di Ciamis jebol /Edi Mulyana/Priangantimurnews

PRIANGANTIMURNEWS - Baru baru ini hujan deras yang mengguyur Kota Tasikmalaya dan sekitarnya selain telah mengakibatkan banjir kiriman dan juga mengakibatkan beberapa rumah terendam.

Selain merendam sejumlah rumah di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya juga mengakibatkan rumah ambruk dan terjadi longsor yang menewaskan dua orang warga di wilayah Kabupaten Ciamis.

Selain longsor di Kabupaten Ciamis juga terjadi di Bendungan Leuwi Keris proyek paket satu jebol akibat sungai Citanduy meluap sehingga berdampak pada lingkungan warga.

Baca Juga: Borussia Dortmund Tour Asia dan Diakabarkan Akan Langsung Atur Jadwal Vs Persib Bandung! Cek Faktanya

Hal tersebut dibenarkan Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, melaporkan telah terjadi hujan lebat pada hari Minggu, 11 September 2022 dengan curah hujan sebesar 154.00 mm dan tergolong ekstrim.

Di Kabupaten Tasikmalaya hulu Bendungan Leuwikeris selama 4 jam sejak pukul 20.00 – 22.00 WIB, hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan debit Sungai Citanduy sebesar 845.6 m3/dt.

Berdasarkan data Pos Duga Air Cirahong Milik BBWS Citanduy. Berdasarkan analisis hidrologi yang telah dilakukan debit tersebut masuk dalam kategori Q200.

Baca Juga: Ini Jadwal Liga Champions Malam Ini Lengkap dengan Link Streaming

Debit banjir yang terjadi selama periode 200 tahunan. Hal tersebut menyebabkan terowongan pengelak tidak mampu mengalirkan debit air.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x