Kapal Sidora Adakan Aksi Kemanusian Donor Darah

- 29 November 2022, 12:58 WIB
Para pegiat Kapal Sidora Kelurahan Panglayungan/Tangkapan Layar/Whatsapp/Minatul Mahmudah
Para pegiat Kapal Sidora Kelurahan Panglayungan/Tangkapan Layar/Whatsapp/Minatul Mahmudah /

PRIANGANTIMURNEWS- Kegiatan donor darah adalah aktifitas atau proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela. Yang selanjutnya darah tersebut akan disimpan di bank darah stok darah dan digunakan untuk transfusi darah.

Kapal Sidora (Kelurahan Panglayungan Siap Donor Darah) yang merupakan komunitas pendonor darah untuk ruang lingkup Kelurahan Panglayungan Kota Tasikmalaya pada Selasa, 29 November 2022 menggelar aksi kemanusian melalui donor darah. Kegiatan ini dilaksanakan di UPTD Panglayungan.

Ini sejalan dengan instruksi dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melalui program Quick Win. Program ini mewajibkan setiap Puskesmas punya semacam bank data untuk para pendonor darah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala UPTD Puskesmas Panglayungan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya drg. Elida Darma, MM.

Baca Juga: Penyelundupan Narkoba ke Lapas Cipinang Berhasil Digagalkan

"Para pendonor ini bisa siap sedia menjadi pendonor untuk ibu-ibu yang melahirkan karena AKI (Angka Kematian Ibu) di kota Tasikmalaya termasuk tinggi," ujar Elida ketika berbincang dengan priangantimurnews-pikiran-rakyat.com di lokasi kegiatan donor.

"Di Tasikmalaya kematian ibu ketika melahirkan mayoritas karena pendarahan. Dan ketersediaan darah sangat dibutuhkan," tambah Elida.

Di tempat yang sama, penasihat Kapal Sidora Minatul Mahmudah, SE mengatakan bahwa antusias masyarakat terhadap kegiatan ini sangat bagus.

Baca Juga: 29 November Diperingati Sebagai Hari Korpri. Ini Sejarah Singkatnya

"Respon masyarakat bagus. Karena sudah sisosialisasikan kepada para kader dan informasinya sudah disebar lewat WA group ke 21 Kelurahan di Tasikmalaya," ujar Minatul yang akrab disapa Ibu Ana.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x