BMKG Lakukan Mitigasi Gempa Magnitudo 5,4 di Lampung, Getaran Terasa Sejenak Oleh Warga Sekitar

- 8 April 2024, 07:51 WIB
Peta lokasi pusat gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo terletak di laut berjarak 149 kilometer Barat Daya Tanggamus, Lampung pada kedalaman 64 kilometer, Senin 8 April 2024
Peta lokasi pusat gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo terletak di laut berjarak 149 kilometer Barat Daya Tanggamus, Lampung pada kedalaman 64 kilometer, Senin 8 April 2024 /ANTARA/HO-BMKG  /

PRIANGANTIMURNEWS - Peringatan dini dalam peristiwa gempa bumi adalah salah satu aspek krusial dalam upaya mitigasi risiko bencana.

Ini adalah sistem yang dirancang untuk memberikan peringatan kepada masyarakat tentang kemungkinan terjadinya gempa bumi dengan waktu yang cukup untuk mengambil tindakan pencegahan dan keselamatan

Peringatan dini memainkan peran penting dalam meningkatkan keselamatan masyarakat. Dengan mendapatkan pemberitahuan lebih awal tentang kemungkinan gempa bumi, individu dan komunitas dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, seperti mencari tempat perlindungan atau meninggalkan bangunan yang berpotensi runtuh.

Baca Juga: Truk Pengangkut Minyak Sawit Terbalik di Cipatat Bandung Barat, 3 Orang Tewas

Dengan adanya peringatan dini, dapat dilakukan evakuasi tepat waktu, yang dapat mengurangi jumlah korban jiwa dan kerusakan materi.

Langkah-langkah persiapan untuk mengamankan barang-barang berharga atau menonaktifkan sumber-sumber api juga dapat dilakukan dalam meminimalkan kerugian yang mungkin terjadi.

Seperti yang terjadi beberapa saat yang lalu, BMKG mengumumkan bahwa pada Senin, 8 April 2024, dini hari sekitar pukul 00.46 WIB, terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 5,4 di wilayah Kabupaten Tanggamus, Lampung. Episentrum gempa terletak di laut, 149 kilometer Barat Daya Tanggamus, dengan kedalaman 64 kilometer.

Baca Juga: Agus Community Chapter Tasik dan Artis Dunia Terbalik Jeniper Berbagi Takzil

Peringatan dini yang disampaikan melalui aplikasi InaTEWS_BMKG memperkirakan bahwa getaran gempa mungkin terasa sejenak oleh penduduk di wilayah Krui, Tanggamus, Tanjung Karang, dengan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x