Pantau Penyaluran Bansos di Garut, Emil Klaim Ekonomi Jabar Sudah Membaik

- 27 Oktober 2020, 21:00 WIB
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara simbolis menyerahkan bansos
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara simbolis menyerahkan bansos /Eep Handy/

PRIANGANTIMURNEWS-Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Selasa, 27 Oktober 2020 meninjau pelaksanaan penyaluran bantuan sosial (bansos) provinsi tahap tiga untuk warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Garut. Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengklaim jika saat ini kondisi perekonomian Jabar sudah mulai membaik.   

Menurut Emil, bansos tahap tiga dari Provinsi Jabar ini mulai digulirkan secara serentak ke 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Total jumlah penerima bansos di Provinsi Jawa Barat sendiri saat ini mencapai 1.907.274 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS).

"Sebanyak 45,1 persen penerima bansos Provinsi Jabar ada di kawasan Bodebek dan Bandung Raya. Bodebek ada 359.567 KRTS, sementara Bandung Raya ada 499.046 KRTS," ujar Emil di sela kegiatan peninjauan di halaman Kantor Pos Indonesia Cabang Garut di Jalan Ahmad Yani, Garut Kota.

Baca Juga: Libur Panjang, Emil Minta Semua Patuhi Protokol Kesehatan

Dikatakannya, daerah paling banyak menerima bansos di Jawa Barat yakni Kota Bandung sebanyak 9,88 persen, disusul Kabupaten Bandung 9,26 persen, Kabupaten Bogor 7,55 persen, KBB 6,32 persen, dan Kabupaten Garut 5,65 persen. Sementara daerah paling sedikit yakni Kabupaten Pangandaran dengan jumlah 0,15 persen dari total KRTS Jabar.

Menurut Emil, sebenarnya sebagian besar sudah berproses di bantuan ketiga ini. Sesuai rencana, bantuan keempat yang akan disalurkan akhir tahun ini akan mengakhiri rangkaian penyaluran bansos provinsi karena ekonomi Jabar sekarang sudah membaik dan bergerak di angka 60 persen.

Dipaparkannya, bansos ini hanya diberikan dalam keadaan darurat seperti saat situasi pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, dia berharap ekonomi Jabar akan terus bergerak hingga 90 persendan dengan demikian tahun depan di Jabar sudah tidak ada lagi penerima bansos.

Baca Juga: Diterjang Banjir Bandang Suami Istri Meninggal Dunia Tertimbun Longsor

Ia juga berharap, sisa waktu di November sampai Desember 2020 ini perekonomian Jabar bisa mendekati 80 sampai 90 persen. Artinya kalau sudah sampai di angka itu, berarti ekonomi Jabar sudah normal lagi dan ia meminta agar masyarakat Jabar benar-benar disiplin dalam penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Halaman:

Editor: Aep Hendy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x